Sumedang Raih Penghargaan UHC Awards 2024

Sumedang Raih Penghargaan UHC Awards 2024
Sumedang Raih Penghargaan UHC Awards 2024
0 Komentar

sumedangekspres – Kabupaten Sumedang meraih penghargaan cakupan jaminan kesehatan Universal Health Coverage (UHC) Awards tahun 2024 Kategori Pratama. Penyerahan UHC Awards 2024 dihadiri Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin di The Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Kabupaten Sumedang menjadi salah satu penerima penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah dari 33 provinsi dan 460 kabupaten/kota se-Indonesia. UHC Award bentuk apresiasi atas komitmen pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan dan jaminan kesehatan bagi masyarakat.

Kepala Cabang BPJS Kabupaten Sumedang Jayadi mengatakan, untuk mendapatkan penghargaan ini, daerah harus mencapai cakupan kepesertaan minimal 95 persen peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dari jumlah penduduk daerah. UHC juga mengukur jumlah data integrasi Jamkesda dengan mendaftarkan kepesertaan pemerintah daerah ke dalam kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Baca Juga:Dirjen PAUD Dikdasmen Temui Guru Penggerak di SumedangDituduh Plagiarisme, Beginilah Reaksi Lisa BLACKPINK

“Dari total penduduk Sumedang yang berjumlah 1.197.302 jiwa per Agustus 2024, UHC di Sumedang mencapai 95,69 persen cakupannya yang telah terdaftar menjadi peserta Program JKN, namun keaktifannya baru mencapai 74,6 persen. Jadi kurang 0,301 persen lagi bisa langsung non cut off,”ujarnya.

Pj. Bupati Sumedang Yudia Ramli mengatakan, dengan penghargaan ini, Pemda Kabupaten Sumedang terus meningkatkan pelayanan kesehatan dan memastikan seluruh warganya mendapat perlindungan kesehatan yang layak.

“Penghargaan ini bukti kerja keras bersama dalam memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh masyarakat Sumedang. Ke depan, tentunya kami akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan agar semakin baik,” katanya.

0 Komentar