Tanda dan Cara Menghentikan WhatsApp yang Dibajak

Tanda dan Cara Menghentikan WhatsApp yang Dibajak
Tanda dan Cara Menghentikan WhatsApp yang Dibajak (ist)
0 Komentar

5. Status WhatsApp Asing

Jika tiba-tiba muncul status WhatsApp yang bukan Anda yang membuatnya, itu merupakan tanda bahwa akun Anda sedang dikendalikan oleh orang lain. Status yang muncul tanpa sepengetahuan Anda adalah indikator kuat bahwa seseorang telah mengakses akun Anda.

6. Panggilan Telepon Asing

Tanda lain yang perlu diwaspadai adalah adanya panggilan telepon asing yang muncul di daftar panggilan WhatsApp Anda. Jika Anda tidak mengenali panggilan tersebut, kemungkinan besar akun Anda sedang dikendalikan oleh orang lain.

Cara Menghentikan Penyadapan WhatsApp

Jika Anda mencurigai bahwa akun WhatsApp Anda telah disadap atau dibajak, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghentikan penyadapan tersebut dan mengamankan akun Anda kembali. Berikut adalah cara-cara yang bisa diikuti:

1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Baca Juga:Lirik dan Chord Sepiring Berdua – Nazia Marwiana, Lagu Trend Tiktok Viral Agustus 2024Lirik dan Chord Lagu Forever Young – Alphaville : Forever Young I want to be Forever Young, Viral di TikTok

Langkah pencegahan yang paling efektif adalah dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp. Fitur keamanan ini membuat akun Anda lebih sulit diakses oleh orang lain karena memerlukan kode tambahan yang hanya Anda yang tahu. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah:

Buka WhatsApp dan klik ikon tiga titik di sudut kanan atas.Pilih opsi “Settings” atau “Pengaturan”.Masuk ke “Account” atau “Akun”, lalu pilih “Two-Step Verification” atau “Verifikasi Dua Langkah”.Klik “Enable” atau “Aktifkan”, dan masukkan kode enam digit yang ingin Anda gunakan.Masukkan juga alamat email Anda untuk memulihkan kode jika Anda lupa.

Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra pada akun WhatsApp Anda, yang membuat pelaku kejahatan siber kesulitan untuk mengakses akun Anda.

2. Segera Laporkan ke WhatsApp

Jika Anda mendapati akun WhatsApp Anda telah diretas, langkah pertama yang harus diambil adalah segera menonaktifkan akun tersebut. Anda bisa melaporkan kejadian ini ke WhatsApp melalui email. Kirim email ke [email protected] dengan subjek “Lost/stolen: please deactivate my account”. Pastikan untuk menyertakan detail kronologi kejadian, termasuk kapan dan bagaimana kemungkinan akun Anda diretas.

0 Komentar