Kesehatan Mental di Kalangan Berbagai Generasi Z Menunjukkan Fakta yang Signifikan

Generasi Z
Kesehatan Mental di Kalangan Berbagai Generasi Z Menunjukkan Fakta yang Signifikan. Foto Ilustrasi generasi z (www.anakteknik.co.id).
0 Komentar

Dalam konteks ini, isu kesehatan mental sering kali dipandang sebelah mata, terutama oleh generasi yang lebih tua. Generasi sebelumnya sering kali menganggap masalah ini sebagai kelemahan atau kurang iman, sehingga banyak individu dari generasi Z tidak mencari bantuan profesional. Stigma ini menghambat upaya mereka untuk mendapatkan dukungan yang diperlukan. Gangguan psikologis dapat berdampak pada sistem imun tubuh, memperlemah kekebalan tubuh dan membuat seseorang lebih rentan terhadap penyakit, seperti yang diungkapkan oleh penelitian American Psychological Association (APA).

Pentingnya kesehatan mental tidak bisa dianggap sepele. Setiap individu, tanpa memandang generasi, memiliki hak untuk kesehatan mental yang baik. Generasi Z, meskipun menghadapi tantangan berat, memiliki potensi besar untuk memajukan dunia dengan dukungan yang tepat. Dengan menyadari pentingnya kesehatan mental dan memberikan ruang untuk berbicara serta dukungan yang diperlukan, kita dapat membantu mereka mencapai potensi penuh mereka dan mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Kesehatan mental adalah pondasi untuk aktualisasi diri dan kesejahteraan umum. Generasi Z perlu merasa didengar dan didukung, bukan diabaikan atau dicap lemah. Seperti yang diungkapkan oleh RM BTS dalam pidatonya di PBB, “We have learned to love ourselves, so now I urge you to ‘speak yourself’”. Ini adalah ajakan untuk menghargai dan memprioritaskan kesehatan mental, dan memastikan bahwa setiap generasi memiliki kesempatan untuk berkembang dengan penuh potensi.(*)

0 Komentar