Sumedang Bergema Tumbuhkan Semangat Nasionalisme

BIDIK: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat mengikuti kegiatan Sumedang Bergema di lapangan PPS, Kamis (22/8).
ISTIMEWA, BIDIK: Pj Bupati Sumedang Yudia Ramli saat mengikuti kegiatan Sumedang Bergema di lapangan PPS, Kamis (22/8).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Ribuan peserta dan penonton terhibur dan antusias dengan penampilan pencak silat dan berbagai lomba seru dan atraksi menarik, mulai dari lomba tarik tambang, lari balok, bakiak, lomba layangan, panahan dan berbagai permainan tradisional lainnya.

Pemandangan tersebut tampak saat mereka mengikuti kegiatan Sumedang Bergerak Masyarakatnya (Bergema) memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Pusat Pemerintahan Sumedang, Kamis (22/8).

Sumedang Bergema digelar kerja sama Pemda Sumedang dengan Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (Kormi) sukses membangkitkan semangat nasionalisme dan kebersamaan masyarakat.

Baca Juga:Kebakaran Lahan di Tomo, Hampir Merembet ke PabrikUlar King Koros Menyelinap ke Rumah Warga di Kelurahan Situ

Tidak hanya sampai disitu, pameran produk, senam massal dan layanan cek gula darah gratis juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Acara Sumedang Bergema bukan hanya perayaan HUT RI meriah tetapi juga memberi bermanfaat bagi kesehatan dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Ketua Kormi Sumedang Susi Gantini mengatakan, olahraga berbasis masyarakat yang berada di dalam naungan Kormi dengan prinsip mudah, murah, menarik, manfaat dan masal perlu terus dikembangkan.

“Hal ini merupakan upaya membangun masyarakat yang sehat dan upaya mendorong masyarakat agar tidak malas bergerak dan rajin berolahraga,” katanya.

Dikatakan, dengan olahraga masyarakat ini diharapkan membangun hubungan kebersamaan sosial juga sekaligus melestarikan dan meningkatkan kekayaan budaya daerah.

Susi menjelaskan, Sumedang Bergema adalah program Kormi Sumedang yang dilaksanakan kali ketiganya. Kegiatan ini bertujuan mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan cara tetap bergerak dan berolahraga.

“Olahraga bukan hanya kebutuhan tetapi juga sebagai life style atau gaya hidup kita sehari-hari. Agenda hari ini ada senam masal, festival olahraga kebugaran tantangan dan petualangan serta perlombaan olahraga tradisional seperti ketapel, bakiak, lomba balok, layangan dan juga ada pameran berbagai jenis olahraga Inorga Kormi Sumedang,” tuturnya. Pj. Bupati Sumedang, Yudia Ramli mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh kepada jajaran pengurus Kormi Sumedang atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Saya berharap kegiatan seperti ini terus dilakukan, karena selain membangun kesehatan fisik, juga memperkuat tali silaturahmi antar warga. Ini adalah salah satu cara kita menjaga semangat persatuan dan nasionalisme,” ujar Yudia. (bim)

0 Komentar