Berbagai Bahan Eksfoliosi Wajah untuk Muka yang Berjerawat

Berbagai Bahan Eksfoliosi Wajah untuk Muka yang Berjerawat
Berbagai Bahan Eksfoliosi Wajah untuk Muka yang Berjerawat. Foto: halodoc.com
0 Komentar

sumedangekspres – Eksfoliasi wajah berjerawat sering kali diragukan orang karena takut jerawatnya semakin parah. Padahal, eksfoliasi sebenarnya bisa aman dilakukan jika mengikuti aturan yang tepat. Pengelupasan sel kulit mati pada kulit berjerawat dapat membantu mengurangi jerawat dan memudarkan bekasnya, namun perlu dilakukan dengan hati-hati untuk menghindari iritasi.

Untuk kulit berjerawat, pilihlah produk eksfoliasi yang mengandung bahan lembut karena lebih ramah pada kulit. Sebaiknya hindari produk berbentuk scrub, karena dapat mengiritasi kulit yang sudah meradang.

Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit wajah yang mengandung retinol untuk eksfoliasi kulit berjerawat. Retinol terbukti efektif mengurangi jerawat dengan menembus lapisan kulit yang lebih dalam, mengatasi pori-pori tersumbat, serta menghilangkan bekas luka dan noda jerawat, serta memperbaiki tekstur kulit. Bagi pemula, disarankan untuk memulai dengan konsentrasi retinol yang rendah dan menggunakannya 2–3 kali per minggu.

Baca Juga:5 Faktor Penyebab Kulit Tetap Kusam Meskipun Sudah Rajin EksfoliasiManfaat Alpukat untuk Asam Lambung Berasal dari Kandungan Nutrisi di dalamnya

Asam salisilat sering ditemukan dalam produk skincare untuk kulit berjerawat dan dapat digunakan untuk eksfoliasi wajah saat mengalami jerawat atau komedo membandel. Sebagai BHA, asam salisilat dapat menembus pori-pori wajah, membersihkan minyak berlebih dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sehingga membantu mengatasi jerawat.

Benzoil peroksida, yang sering ditemukan dalam obat jerawat, juga bisa digunakan dalam produk eksfoliasi wajah untuk mengatasi jerawat. Senyawa ini efektif meredakan jerawat meradang dan komedo putih karena kemampuannya membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, benzoil peroksida membantu mengurangi minyak berlebih di kulit dan mengikis sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga mencegah timbulnya jerawat.

Asam glikolat efektif mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih yang dapat menyumbat pori-pori, sehingga dapat membantu mengurangi jerawat dan membuat wajah lebih bersih. Sebagai AHA, asam glikolat dianggap aman untuk kulit berjerawat karena tidak menyebabkan kekeringan. Meskipun aman, tetaplah berhati-hati saat menggunakannya. Uji coba produk pada area kecil kulit terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.(*)

0 Komentar