Pramuka Cetak Jiwa Kepemimpinan

BERBARIS: Sejumlah anggota Pramuka saat mengikuti kegiatan Perkemahan Terpadu tahun 2024 di Buper Kiara Payung
BERBARIS: Sejumlah anggota Pramuka saat mengikuti kegiatan Perkemahan Terpadu tahun 2024 di Buper Kiara Payung, Rabu (4/9).
0 Komentar

sumedangekspres, SUKASARI – 1.200 anggota Pramuka dari Kwartir Ranting Tanjungsari dan Jatinangor berkumpul di Buper Kiarapayung, Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, untuk mengikuti Perkemahan Terpadu tahun 2024. Acara yang berlangsung selama tiga hari, dari 3 hingga 5 September.

Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Sumedang, Erwan Setiawan, menegaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan agenda rutin Pramuka di tingkat kecamatan.

“Kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang berkumpul, tetapi juga merupakan bagian dari proses kaderisasi dan peningkatan kualitas anggota Pramuka. Para peserta akan mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari latihan dasar kepemimpinan hingga pengucapan sumpah dasar dharma Pramuka,” ujar Erwan.

Baca Juga:Dekatkan Layanan kepada Masyarakat, Pj Bupati Yudia Ngantor di DesaPemkab Sumedang Buka Ratusan Formasi CPNS 2024, Pendaftaran Segera Ditutup!

Tak hanya itu, kegiatan juga diramaikan dengan penampilan kreasi seni dari tiap gugus di berbagai kwartir ranting. Erwan berharap melalui kegiatan ini, para anggota Pramuka dapat lebih menghayati nilai-nilai kepramukaan dan terus bersemangat dalam mengabdi kepada bangsa dan negara.

Pada kesempatan tersebut, Erwan juga menyampaikan bahwa hari itu merupakan momen pelantikan pengurus baru Kwartir Ranting (Kwaran) Tanjungsari.

“Hari ini adalah hari yang bersejarah bagi Kwaran Tanjungsari. Semoga Pramuka semakin jaya dan terus berkiprah dalam berbagai bidang,” ungkapnya dengan semangat.

Erwan mengungkapkan, Pramuka telah memainkan peran besar dalam perjalanan hidupnya.

“Saya bisa mencapai posisi ini, baik di tingkat Kota Bandung maupun Kabupaten Sumedang, karena Pramuka. Organisasi ini yang pertama kali saya ikuti saat di sekolah, dan dari sinilah saya belajar banyak tentang kepemimpinan dan disiplin,” tambahnya.

Pengalaman di Pramuka, menurut Erwan, tidak hanya membentuk jiwa kepemimpinannya, tetapi juga memberikan kenangan indah yang selalu dikenangnya. Ia berharap, ada di antara peserta Pramuka yang mampu melanjutkan karir kepemimpinan seperti yang ia jalani.

“Semoga adik-adik Pramuka juga bisa mencapai posisi yang lebih tinggi di masa depan,” katanya yang disambut antusias oleh ribuan peserta.

Di akhir sambutannya, Erwan meminta doa dari seluruh warga Sumedang dan keluarga besar Pramuka Sumedang untuk pencalonannya sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat pada Pilkada mendatang.

Baca Juga:Tahun 2024, Permohonan Dispensasi Nikah di Sumedang Masih Cukup TinggiDesa Cimuja Gelar Rembug Stunting Berantas Kemiskinan Ekstrem

“Saya berharap dukungan dari semuanya agar bisa mengemban amanah lebih besar lagi. Mudah-mudahan ada di antara generasi Pramuka ini yang nantinya menjadi pemimpin bangsa di tahun 2045,” ujarnya penuh harap.

0 Komentar