Berbagai Gejala dalam Gangguan Mental yang ditandai Oleh Rasa Percaya Diri Secara Berlebihan

Gejala gangguan mental
Berbagai Gejala dalam Gangguan Mental yang ditandai Oleh Rasa Percaya Diri Secara Berlebihan.
0 Komentar

sumedangekspres – Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah gangguan mental yang ditandai oleh rasa percaya diri yang berlebihan, perilaku manipulatif, dan kebutuhan berlebihan akan perhatian serta kekaguman. Penderita NPD seringkali tidak menyadari kondisi mereka, yang membuat hubungan dengan orang lain menjadi sulit.

Gangguan ini umumnya muncul pada remaja atau awal dewasa, dipicu oleh faktor genetik atau pola asuh di masa kecil. Misalnya, anak yang dimanja berlebihan atau mendapat pujian yang tidak realistis dapat mengembangkan ciri-ciri NPD. Sebaliknya, trauma atau pengabaian juga dapat berkontribusi.

Gejala NPD meliputi:

1. Merasa Berhak Mendapat Perlakuan Istimewa: Menganggap diri penting dan pantas mendapatkan perhatian khusus.2. Haus akan Pujian: Selalu mencari pengakuan dan melebih-lebihkan pencapaian.3. Menolak Kritik: Menolak menerima kritik, merasa selalu benar, dan mencari perhatian.4. Bersikap Manipulatif: Mengutamakan kepentingan pribadi di atas orang lain.5. Memanfaatkan Orang Lain: Membangun hubungan berdasarkan keuntungan yang dapat diperoleh.6. Kurangnya Teman Dekat: Sering mengalami konflik dan kesulitan menjalin hubungan yang intim.7. Topeng Kepercayaan Diri: Menunjukkan sikap percaya diri yang sebenarnya menutupi rasa rendah diri.8. Kurang Empati: Tidak peduli terhadap perasaan orang lain.9. Merasa Superior: Bersikap arogan dan meremehkan orang lain.10. Iri dan Paranoia: Merasa iri terhadap orang lain atau percaya orang lain iri padanya.

Menghadapi NPD:

Baca Juga:Gejala, Penyabab, dan Langkah Penanganan Sistem Saraf yang Dapat Mempengaruhi Fungsi Tubuh15 Peserta Lolos Tahapan Seleksi Calon Anggota Komisi Informasi Provinsi Jabar

1. Tetapkan Batasan: Ingat, bukan tanggung jawab Anda mengendalikan emosi mereka.2. Berikan Komentar Positif: Berbicara dengan hati-hati dan penuh empati.3. Hindari Perdebatan: Diskusi langsung sering tidak efektif.4. Jalin Hubungan Positif: Bergaul dengan orang-orang yang mendukung.5. Konsultasi Profesional: Jika diperlukan, ajak mereka untuk mendapatkan bantuan dari psikolog.

Menangani NPD memerlukan kesabaran dan pemahaman, baik untuk diri sendiri maupun orang lain yang terlibat.(*)

0 Komentar