Tanda-tanda Tumbuh Gigi pada Bayi Sering Merasa Tidak Nyaman

Pertumbuhan Gigi bayi
Tanda-tanda Tumbu Gigi pada Bayi Sering Merasa Tidak Nyaman
0 Komentar

sumedangekspres – Bayi yang sedang tumbuh gigi sering merasa tidak nyaman, yang bisa membuatnya rewel. Proses tumbuh gigi biasanya dimulai antara usia 6-12 bulan, meski beberapa bayi mungkin mulai lebih awal, bahkan saat lahir.

Tanda-tanda tumbuh gigi meliputi:

– Sering memasukkan tangan ke mulut dan menggigit benda.- Menangis lebih sering dan rewel.- Sulit makan dan tidur.- Gusi bengkak dan kemerahan.- Banyak mengeluarkan air liur.- Menarik telinga atau menggaruk pipi.

Untuk meringankan nyeri, orang tua bisa mencoba beberapa cara:

1. Pijat gusi bayi: Gunakan jari bersih atau kain lembut yang dibasahi air untuk memijat gusi bayi dengan lembut. 2. Mainan gigit: Berikan teether yang sudah didinginkan. Hindari menaruhnya di freezer agar tidak terlalu keras.

Baca Juga:Poin Penting Mengenai Manfaat dan Cara Melakukan Oil Pulling untuk Kesehatan GigiTinjau Lokasi Terdampak Gempa, Bey: Keselamatan Warga yang Paling Utama

3. Camilan dingin: Berikan yoghurt atau finger food dingin seperti wortel dan pisang untuk dikunyah.

4. ASI atau susu formula: Terus berikan ASI atau susu formula sesuai kebutuhan bayi. Jika bayi menggigit puting, pijat gusinya sebelum menyusui.

5. Obat pereda nyeri: Hanya berikan obat atas anjuran dokter. Hindari gel atau krim dengan benzocaine karena bisa berbahaya.

Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter jika ada kekhawatiran mengenai tumbuh gigi bayi.

0 Komentar