Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit pada Tulang Ekor

Tulang ekor
Cara Mengatasi dan Mencegah Sakit pada Tulang Ekor
0 Komentar

sumedangekspres – Sakit Tulang Ekor (Coccydynia)

Sakit tulang ekor adalah rasa sakit di sekitar tulang segitiga kecil di bagian bawah tulang belakang. Penyebab umum termasuk trauma, duduk lama di permukaan keras, perubahan sendi degeneratif, atau pasca persalinan.

Cara Mengatasi Sakit Tulang Ekor

1. Pengobatan Sementara- Duduk dengan tubuh condong ke depan.- Gunakan bantal berbentuk donat atau baji (V).- Kompres panas atau es pada area yang sakit.- Minum obat pereda nyeri seperti acetaminophen, ibuprofen, atau aspirin.

2. Pengobatan Kronis- Terapi fisik: Teknik relaksasi dasar panggul dengan bantuan ahli.- Pijatan: Memijat otot-otot di sekitar tulang ekor, biasanya melalui rektum.- Obat: Suntikan anestesi lokal atau obat antidepresan/anti-epilepsi.- Operasi: Coccygectomy, dilakukan jika perawatan lain tidak efektif.

Baca Juga:Penyebab dan Cara Mengatasi Tangan Kesemutan Oleh Berbagai Kondisi, dari yang Ringan Hingga SeriusSimak! Inilah Cara Menipiskan Bibir Secara Alami dan Prosedur Medis

3. OlahragaYoga bisa membantu meredakan tekanan pada tulang ekor dengan berbagai pose yang meregangkan otot dan ligamen. Ini juga bermanfaat bagi ibu hamil untuk relaksasi.

Jika rasa sakit tidak membaik, segera konsultasikan ke dokter. Pemeriksaan mungkin diperlukan untuk menyingkirkan kondisi lain dan mengetahui adanya patah tulang atau perubahan degeneratif.

Cara Mencegah Sakit pada Tulang Ekor

Untuk menurunkan risiko sakit pada tulang ekor, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut:

1. Hindari Risiko Terjatuh Pastikan lantai dan jalur berjalan bersih dari benda, puing-puing, dan kabel yang bisa menyebabkan kamu terjatuh. Pastikan juga penerangan yang baik di tangga, dan hindari berjalan sambil melihat ponsel.

2. Hindari Aktivitas Berisiko Tinggi Jauhi aktivitas yang bisa memperburuk gejala, seperti bersepeda atau duduk terlalu lama.

3. Perhatikan Postur Tubuh Selalu perhatikan postur tubuh saat beraktivitas. Pertahankan postur yang baik saat duduk, berdiri, atau berjalan.

4. Mengontrol Berat Badan Kelebihan berat badan dapat memberikan tekanan tambahan pada tulang belakang dan tulang ekor, mengurangi perlindungan pada area tersebut.

Baca Juga:Penyebab dan Gejala Leukosit Rendah yang Bisa disebabkan Oleh Beberapa KondisiCara Penanganan Psikiater dan Psikologi Melalui Media Medis

Dengan langkah-langkah ini, kamu dapat membantu mencegah sakit pada tulang ekor.(*)

0 Komentar