PON XXI 2004: Dr Aqua Dwipayana Sempatkan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Yonmarhanlan I Belawan

PON XXI 2004: Dr Aqua Dwipayana Sempatkan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Yonmarhanlan I Belawan
PON XXI 2004: Dr Aqua Dwipayana Sempatkan Sharing Komunikasi dan Motivasi di Yonmarhanlan I Belawan
0 Komentar

Saat itu Farouq didampingi para pejabat utamanya. Mereka adalah Wadan Kolonel Mar Beni Sarana, Asintel Kolonel Mar Kanang B, Asops Letkol Mar Daniel T, Aspers Letkol Mar Agus H, Aslog Kolonel Mar Yudhi A, Asrena Letkol Mar Budi W, dan Ka Akun Letkol Laut (S) Arifin.

Dr Aqua Dwipayana mendapat banyak pengetahuan, wawasan, ilmu, dan pengalaman dari Farouq. Secara detil dijelaskan tentang Pasmar 1 termasuk lokasi satuan dan tugas-tugas mulia yang selama ini mereka laksanakan.

Pembicara laris itu serius menyimak dan mengapresiasi yang disampaikan Farouq. “Luar biasa dan hebat sekali semua aktivitas mulia Mas Farouq dan jajaran di Pasmar 1,” ucap Dr Aqua Dwipayana.

Baca Juga:Akurasi DPT Kunci Pilgub Jabar BerkualitasIni Jurus Jitu Jabar Nol Stunting Baru

Mereka sepakat untuk memberikan Sharing Komunikasi dan Motivasi kepada seluruh jajaran yang berada di bawah Farouq. Mengawalinya di Yonmarhanlan I.

“Pak Aqua, untuk kegiatan Sharing Komunikasi dan Motivasi di jajaran Pasmar 1, insyaAllah mulainya di Yonmarhanlan I. Setelah itu berlanjut ke satuan lainnya,” ujar Farouq yang berasal dari Kudus, Jawa Tengah.

Yonmarhanlan I Belawan

Yonmarhanlan I sudah terbentuk sejak berdirinya Daeral I pada tahun 1980 di Belawan Medan Provinsi Sumatera Utara yang saat itu bernama Paskamlan Daeral I berdasarkan Skep Pangdaeral I No. Skep/019/I/ 1980 tanggal 31 Januari 1980. Seiring perkembangan zaman dan perkembangan organisasi TNI Angkatan Laut Paskamlan Daeral I mengalami perubahan baik nama maupun tempat serta organisasinya.

Adapun nama Yonmarhanlan I sebelum tahun 2001 adalah sebagai berikut :

  • Paskamlan Daeral I terbentuk pada tahun 1980 berdasarkan Skep Pangdaeral I No. Skep/019/I/1980 tanggal 31 Januari 1980 bermarkas di Belawan dan selanjutnya mengalami pergeseran ke Tanjung Pinang Kepulauan Riau.
  • Sathanlan I terbentuk pada tahun 1987 berdasarkan Skep Kasal No. Skep/2432/ VII/1987 tanggal 25 Juli 1987 ber markas di Tanjung Pinang dan unsur berkedudukan di belawan di bawah komando operasi Lanal Belawan.
  • Sathanratlan I terbentuk pada tahun 1988 berdasarkan Skep Kasal No. Skep/4522/ IX/1988 tanggal 30 September 1988 yang bermarkas di Tanjung Pinang dan unsur di Belawan sebagi Surhanratlan. Pada 1992 Mako Sathanratlan pindah dari tanjung Pinang ke Belawan seiring perubahan dan pergeseran Lantamal TPI ke Belawan menjadi Lantamal I Belawan yang dipimpin Letkol Marinir A. Syakir Sy. Di Tanjung Pinang sebagai unsur dan pada tahun 1995 berubah namamya menjadi Surhanratlan Lantamal I yang bermarkas di Belawan.
  • Perubahan nama Satmarlan Lantamal I dari Surhanratlan Lantamal I terbentuk pada tahun 1997 berdasarkan Skep Kasal No. Skep/354/II/1997 tanggal 20 Februari 1997 yang bermarkas di Belawan dan unsur berkedudukan di Tanjung Pinang Kepulauan Riau seiring kedudukan Lanal TPI di bawah komando operasi dan pembinaan Danlantamal I.
  • Yonmarhanlan I terbentuk pada tahun 2001 berdasarkan Skep Kasal No. Skep/16/IV/ 2001 tanggal 27 April 2001 Mako di Belawan hingga sekarang. Perubahan alih bina satuan Yonmarhanlan I menjadi tanggung jawab Pasmar 1 ketika itu Pasmar 2 dan operasional tetap di bawah kendali operasi Komandan Lantamal I.
0 Komentar