SMK Bhakti Nusantara Sumedang Dorong Program Unggulan 

TINGKATKAN: Wakasek Kurikulum SMK Bhakti Nusantara Arga Hilman Purnama, S.Pd., dengan Wakasek Hubin Sindi seus
TINGKATKAN: Wakasek Kurikulum SMK Bhakti Nusantara Arga Hilman Purnama, S.Pd., dengan Wakasek Hubin Sindi seusai memaparkan program unggulan disekolahnya, Rabu (25/9).
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – SMK Bhakti Nusantara terus berinovasi dengan berbagai program unggulan. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung pengembangan keterampilan dan minat siswa, terutama dalam rangka Peningkatan Kompetensi dan Keterampilan (PKM).

Hal tersebut disampaikan Kepala Sekolah SMK Bhakti Nusantara M Irfan Nur’ arif SE MM, melalui Wakasek Bidang Kurikulum, Arga Hilman Purnana S Pd kepada Sumeks, Rabu (25/9).

Salah satu fokus utama SMK Bhakti Nusantara adalah implementasi kurikulum yang menyesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Menurut Arga Hilman, setiap guru di sekolahnya tidak hanya mengajar sesuai mata pelajaran produktif mereka, tetapi juga membantu mengarahkan siswa agar dapat mengembangkan keahlian mereka.

Baca Juga:Warga Pasirnanjung Dikejutkan Kasus Uang Palsu, Pelaku Ditangkap Malam-malamSMK Muhammadiyah 1 Sumedang Implementasikan Kurmer 

Misalnya, bagi siswa jurusan teknik sepeda motor, guru-guru di sekolah tersebut tidak hanya mengajarkan keterampilan teknis secara spesifik, tetapi juga mengarahkan siswa untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan yang mendukung profesi tersebut.

“Guru-guru di SMK Bhakti Nusantara harus mengarahkan siswa dalam menemukan dan mengembangkan passion mereka. Sebagai contoh, jika siswa mengambil jurusan teknik sepeda motor, maka mereka akan dibimbing untuk memahami hal-hal apa saja yang harus dikuasai untuk menjadi teknisi sepeda motor. Pembelajaran ini tidak hanya terbatas pada teori, tetapi juga pada pengembangan keterampilan praktis,” jelas Arga Hilman.

Selain itu, SMK Bhakti Nusantara juga menerapkan Kurikulum Merdeka, yang memberikan fleksibilitas dalam proses pembelajaran. Kurikulum tersebut memungkinkan siswa untuk berkreasi, terutama melalui program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5).

Program tersebut bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa dan mendorong mereka untuk lebih mengenali potensi diri dan cita-citanya.

“Di P5, siswa digali untuk mengetahui apa yang menjadi tujuan hidupnya setelah lulus sekolah. Jika ada siswa yang bercita-cita menjadi teknisi, mereka akan diajarkan persiapan apa saja yang dibutuhkan. Mulai dari disiplin waktu, tanggung jawab, hingga pengetahuan tambahan yang perlu dimiliki untuk menunjang profesi tersebut,” tambah Arga.

Salah satu program unggulan lainnya di SMK Bhakti Nusantara adalah program magang. Program ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk terjun langsung ke dunia industri, sesuai dengan minat dan keterampilan yang telah mereka kembangkan selama di sekolah.

0 Komentar