Cegah Rabies, Diskanak Sumedang Sebar 2000 Dosis Vaksin 

GELAR: Petugas Diskanak Sumedang melakukan vaksinasi ke beberapa jenis hewan, baru-baru ini.
ISTIMEWA, GELAR: Petugas Diskanak Sumedang melakukan vaksinasi ke beberapa jenis hewan, baru-baru ini.
0 Komentar

sumedangekspres, KOTA – Sebanyak 2000 jenis hewan jenis anjing, kucing, kera dan juga musang divaksinasi oleh Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Diskanak Sumedang drh Mursjid Abdullah, baru-baru ini.

“Vaksinasi ini dilakukan dalam upaya mencegah penyebaran rabies di wilayah Kabupaten Sumedang. Walaupun sudah lama Sumedang aman akan rabies ditandai dengan tidak adanya kasus, namun vaksinasi tetap harus dilakukan sebagai upaya pencegahan,” terang Mursjid.

Mursjid mengatakan, pelaksanaan vaksinasi rabies ini juga dilakukan dalam memperingati Hari Rabies se Dunia yang jatuh pada tanggal 28 September.

Baca Juga:Tarkam Kemenpora, Tim Voli Putra Cimanggung Tekuk Pamulihan 3-0 MAN 1 Sumedang Laksanakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Disebutkan, untuk pelaksanaan vaksinasi rabies secara gebyar telah dilakukan di setiap UPTD Perikanan dan Peternakan. Namun, program pelaksanaan vaksinasi rabies tersebut masih akan dilaksanakan dalam satu pekan hingga ketersedian vaksin 2000 dosis benar benar habis.

Dia pun berharap adanya kegiatan ini dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

“Apalagi dalam kegiatan vaksinasi rabies ini masyarakat tidak perlu bayar alias gratis,” jelasnya.

Mursjid menuturkan, 2000 dosis vaksin rabies untuk wilayah Sumedang sebenarnya masih kurang. Mengingat, jumlah populasi hewan yang harus divaksin lebih dari 2000 ekor.

“Untuk anjing saja populasinya mencapai 8032 ekor, kucing 8912 ekor belum kera dan musang. Namun, anggaran tahun ini terbatas hanya cukup untuk 2000 dosis saja,” tutupnya. (bim)

0 Komentar