Kenali Gejala dan Penanganan Gigitan Kelabang

Kelabang
Kenali Gejala dan Penanganan Gigitan Kelabang.
0 Komentar

sumedangekspres – Kelabang atau lipan adalah serangga karnivora yang memiliki banyak kaki, sering disebut kaki seribu. Meski cenderung tidak berbahaya dan tidak agresif terhadap manusia, mereka bisa menggigit jika merasa terancam atau terinjak.

Gigitan kelabang tidak mengancam jiwa, tetapi bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Venom yang dimiliki kelabang dapat melumpuhkan mangsanya, seperti cacing.

Jika tergigit kelabang, penting untuk tahu cara penanganannya, seperti membersihkan luka dengan sabun dan air, serta menggunakan kompres dingin untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan.

Kenali Dulu Gejalanya

Baca Juga:Berikut Beberapa Cara untuk Menyembuhkan InsomniaAsih Dapat Dukungan Paguyuban Keluarga Minang, Janjikan Kondusifitas Iklim Industri

Gigitan kelabang ditandai dengan dua bekas tusukan, di mana racun disuntikkan ke kulit. Area sekitar gigitan biasanya menjadi merah dan bengkak. Tingkat rasa sakit yang dirasakan bergantung pada jumlah racun yang disuntikkan.

Kelabang yang lebih kecil menghasilkan sedikit racun, dan gigitan mereka mungkin hanya sebanding dengan sengatan lebah. Namun, kelabang yang lebih besar dapat menyuntikkan lebih banyak racun, menyebabkan rasa sakit yang lebih hebat.

Gejala umum pasca-gigitan meliputi rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan yang bisa berlangsung dari beberapa jam hingga beberapa hari, tergantung pada ukuran dan jenis kelabang.

Selain itu, ada beberapa gejala lain yang mungkin muncul, menandakan reaksi alergi yang lebih serius, seperti:

– Demam- Panas dingin- Mual- Pembengkakan ekstrem di lokasi gigitan- Pembengkakan kelenjar getah bening- Palpitasi jantung- Gatal di area gigitan

Jika mengalami gejala ini, penting untuk mencari bantuan medis segera.

Penanganan Digigit Kelabang

Gigitan kelabang bisa mirip dengan gigitan serangga lain yang lebih berbahaya. Jika kamu ragu atau mengalami gejala parah, segera temui dokter. Jika tidak ada komplikasi, penanganan untuk gigitan kelabang dapat dilakukan di rumah dengan fokus mengurangi gejala:

1. Paparan Suhu Panas: Segera terapkan suhu panas pada area gigitan, bisa dengan merendam luka dalam air panas atau menggunakan kompres panas. Ini membantu mengencerkan racun yang masuk ke aliran darah.

2. Kompres Dingin: Gunakan kompres es untuk mengurangi pembengkakan.

Baca Juga:Rekomendasi Film dan Serial yang Menampilkan Zendaya yang Sukses Menjadi Sorotan PublikCara Merawat Rambut yang diwarnai Agar Tetap Sehat dan Warnanya Tidak Cepat Pudar

3. Obat-obatan: Minum obat untuk meredakan rasa sakit, reaksi alergi, dan peradangan. Obat yang bisa digunakan termasuk antihistamin, anestesi, dan obat antiinflamasi.

0 Komentar