Langkah-langkah Penanganan Luka Infeksi yang Tepat

Luka Infeksi
Langkah Penanganan Luka Infeksi yang Tepat.
0 Komentar

5. Demam Saat sistem imun melawan infeksi, tubuh dapat mengalami demam. Demam tinggi yang disertai mual, muntah, nyeri otot, sesak napas, pusing, atau penurunan kesadaran menandakan kondisi serius yang memerlukan pertolongan medis.

Langkah Penanganan Luka Infeksi yang Tepat

Luka dapat segera sembuh jika dibersihkan dengan baik dan bebas dari kuman. Oleh karena itu, perawatan luka sangat penting untuk mencegah dan mengatasi infeksi, serta mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah langkah-langkah penanganan luka infeksi yang tepat:

1. Bersihkan Luka Gunakan air dan sabun berbahan kimia lembut, seperti sabun bayi, untuk membersihkan luka.

2. Buang Kotoran Hati-hati dalam menghapus kotoran yang terlihat pada luka.

Baca Juga:Tips Aman dan Manfaat Bersepeda Saat HamilPentingnya Vaksinasi DBD untuk Melindungi Diri dan Keluarga dari Infeksi Virus Dengue

3. Gunakan Cairan Antiseptik Pilih antiseptik yang aman bagi kulit, seperti povidone-iodine, untuk membersihkan luka.

4. Keringkan dan Oleskan Salep Antiseptik Setelah kering, oleskan salep antiseptik pada luka.

5. Tutupi Luka dengan Perban Lindungi luka dengan perban untuk mencegah kuman masuk.

Pemakaian antiseptik sangat penting dalam perawatan luka, karena dapat menghentikan pertumbuhan kuman, termasuk bakteri, jamur, dan virus. Penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan salep antiseptik secukupnya dapat mempercepat penyembuhan, membersihkan kotoran, dan mencegah infeksi.

Selain itu, larutan atau salep antiseptik umumnya lebih aman untuk kulit dibandingkan produk yang mengandung alkohol, hidrogen peroksida, atau deterjen, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan menyebabkan iritasi pada jaringan kulit.(*)

0 Komentar