oleh

Waspada, Pusat Perbelanjaan Berpotensi Jadi Klaster Baru Covid – 19

SUMEDANGEKSPRES.COM –  Sepekan sebelum Idul Fitri 1442 H, pengunjung di berbagai pusat perbelanjaan mulai meningkat pesat.

Diprediksi, peningkatan pengunjung akan terus terjadi. Hal tersebut dikhawatirkan menjadi klaster baru di Kabupaten Sumedang. Bukan hanya itu, masih banyak pihak pengelola tempat perbelanjaan abai akan protokol kesehatan para pengunjung.

Kepala Dinas Kesehatan Dadang mengkhawatirkan keadaan tersebut. Menurutnya, hal itu menjadi potensi besar terjadinya klaster baru bila keadaan tersebut tidak berubah.

“Terkait dengan adanya kenaikan kunjungan masyarakat ke tempat perbelanjaan, baik modern dan tradisional, tentunya akan adanya peningkatan orang yang berpotensi untuk terjadinya penyebaran Covid-19,” kata Dadang kepada awak media, belum lama ini.

Dikatakan, Dinas Kesehatan juga telah telah melakukan kerja sama dengan para pengelola pusat perbelanjaan di Sumedang untuk memberikan edukasi prokes terhadap pengunjung. Selain itu, juga telah memberikan instruksi ke wilayah kecamatan agar warganya selalu menerapkan prokes apabila saat berbelanja.

“Kita juga telah menyediakan tes rapid antigen di 35 Puskesmas di Sumedang. Jadi setelah ada pengujung yang dites, maka akan langsung ketahuan hasilnya dan langsung ditracking. Maka disitu akan keliatan klaster tertinggi Covid-19,” jelasnya.

Sementara, Ketua Divisi Komunikasi Publik Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 Sumedang, Iwa Kuswaeri, menyampaikan perkembangan Covid-19 di Sumedang,

“Hingga hari ini pukul 16.00, kami sampaikan bahwa jumlah terkonfirmasi COVID-19 mencapai 3.605 orang. 100 orang diataranya meninggal dan 12 orang terjadi dalam 1 minggu terakhir,” terang Iwa.

Sehingga, kata dia, perkembangan Covid-19 di Kabupaten Sumedang perlu diwaspadai dengan seksama dan menjadi tanggung jawab semua pihak. (kga)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *