Menjaga Make-up Tetap Awet untuk Kulit Wajah Berminyak

Menjaga Make-up Tetap Awet untuk Kulit Wajah Berminyak
(notjessfashion.com)Menjaga Make-up Tetap Awet untuk Kulit Wajah Berminyak
0 Komentar

sumedangekspres – Menjaga Make-up Tetap Awet untuk Kulit Wajah Berminyak, Bagi pemilik kulit wajah berminyak, make-up mudah luntur sudah menjadi hal yang biasa terjadi.

Tidak jarang kamu harus sering memulas ulang make-up agar tetap awet dan wajah terlihat segar. Namun, masalah tersebut sebenarnya dapat dihindari jika kamu tahu cara menyiasatinya.

Tiap manusia memiliki kelenjar sebasea atau kelenjar minyak alami pada jaringan kulitnya. Kelenjar ini memproduksi minyak (sebum) yang berguna untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Baca Juga:Sumedang Bersholawat Merayakan Hari Jadi yang Ke-446 dengan Syukur dan KebahagiaanRekomendasi Skincare dalam Rutinitas Harian Kalian

Namun, pada orang dengan jenis kulit berminyak, kelenjar ini bisa menghasilkan sebum terlalu banyak di wajah. Biasanya kulit yang terlalu berminyak akan tampak lebih mengkilap, terutama di zona T wajah, yaitu dahi, hidung, dan dagu. Tipe kulit ini juga lebih berisiko menimbulkan komedo dan jerawat.

Menjaga Make-up Tetap Awet untuk Kulit Wajah Berminyak

Minyak pada wajah sebenarnya dapat disembunyikan dengan cara mengaplikasikan produk make-up yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulitmu. Agar riasan wajah tampil lebih awet bebas kilap, pastikan produk-produk yang kamu gunakan memiliki formulasi khusus untuk kulit berminyak, seperti yang bersifat matte, oil-free, atau shine-free.

Berikut adalah beberapa tips make-up untuk kulit wajah berminyak yang bisa kamu coba di rumah:

1. Segarkan wajahmu terlebih dahulu

Sebelum memulai make-up, sebaiknya kamu oleskan wajahmu dengan produk pembersih dengan label bebas minyak atau oil-free terlebih dahulu.

Setelah itu, gunakan primer khusus kulit berminyak yang bebas minyak dan bebas kilap (anti-shine atau matte) di zona T sebelum kamu memakai alas bedak (foundation), bedak, dan produk lainnya. Langkah ini dapat membantu make-up lebih melekat pada wajah.

2. Pakai tabir surya

Penggunaan tabir surya penting untuk mencegah kerusakan kulit akibat bahaya sinar ultraviolet (UV). Ada teknik yang bisa kamu lakukan, agar tabir surya tidak membuat wajah berminyak.

Caranya, setelah krim tabir surya dioleskan dan meresap ke dalam kulit, tekan permukaan wajah dengan tisu untuk menyerap sisa krim. Sesudahnya, kamu bisa memulai make-up sesuka hatimu. Pastikan menggunakan krim tabir surya khusus untuk kulit wajah berminyak, ya.

0 Komentar