Obyek Wisata Cipanas Sekarwangi Mati Suri,Sudah 2 Tahun Tidak Menghasilkan PAD

Obyek Wisata Cipanas Sekarwangi Mati Suri,Sudah 2 Tahun Tidak Menghasilkan PAD
TERBENGKALAI: Kepala Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua Ade Nanan saat berada di lokasi wisata Cipanas Sekarwangi, belum lama ini. Selama hampir dua tahun, Objek wisata Cipanas Sekarwangi tidak terpelihara dan tidak menghasilkan PAD. (FOTO : SOBAR BAHTIAR/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Obyek Wisata Pemandian Cipanas Sekarwangi di Desa Sekarwangi Kecamatan Buahdua kondisinya dipertanyakan warga mulai dari pengelolaan hingga pengembangan kedepannya. Mengingat saat ini obyek wisata tersebut sudah tidak digunakan selama dua tahun.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Desa Sekarwangi, Ade Nanan kepada Sumeks, Senin (28/6).

“Ya banyak warga dari berbagai daerah khususnya di Sumedang yang mempertanyakan kejelasan pengelolaan Pemandian Cipanas Sekarwangi. Sudah lebih dari dua tahun obyek wisata ini tutup. Bahkan, warga Sumedang maupun dari luar daerah yang biasa berkunjung tidak bisa menikmatinya,” ujar Ade.

Baca Juga:Coca-Cola Europacific Partners Indonesia Bekerja Sama dengan Warung Pintar Group untuk Digitalisasi Sistem Distribusi di Ekosistem WarungBidang Kedokteran Dituntut Beradaptasi dan Integrasi pada Tiga Sektor. Prof Tono: Telemedicine Tantangan atau Peluang?

Ade mengakui, kendati keberadaan obyek wisata tersebut dipertanyakan warga, namun dirinya tidak bisa memastikan kapan akan dibuka kembali.

“Obyek wisata pemandian Cipanas Sekarwangi berada diatas lahan sekitar 1.680 meter persegi yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Sumedang. Kami berharap kedepan dapat dikelola bersama dengan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sekarwangi,” terangnya.

Selain itu, sambung Ade, warga pun sangat menyesalkan. Pasalnya, Obyek Wisata Pemandian Cipanas Sekarwangi kondisinya seolah mati suri. Terlebih, dalam kurun dua tahun tidak menghasilkan PAD. Padahal sebelumnya, obyek wisata tersebut menjadi salahsatu tempat pilihan bagi warga Sumedang bahkan dari luar daerah yang biasa berkunjung untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarganya.

“Mudah mudahan Pemda Sumedang melalui BUMD nya dapat menghidupkan kembali dan membuka Obyek Wisata Pemandian Cipanas Sekarwangi dengan melibatkan masyarakat juga Bumdes Sekarwangi,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang, Hary Tri Santosa mengakui, pengelolaan obyek wisata Cipanas Sekarwangi sudah diserahkan pengelolaannya melalui BUMD Kabupaten Sumedang yakni, PT Kampung Makmur.

“Kami berharap kedepan Pemandian Cipanas Sekarwangi dapat menjadi salahsatu obyek wisata unggulan di Sumedang. Mengingat, keseriusan Pemkab Sumedang dalam rangka mendukung peningkatan pengembangan obyek wisata akan terus dioptimalkan,” terangnya. (*)

0 Komentar