Penilaian Kinerja Perizinan sebagai Upaya Perbaikan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Perizinan di Sumedang

Penilaian Kinerja Perizinan sebagai Upaya Perbaikan dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Perizinan di Sumedang
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM – Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir mengikuti Entry Meeting BPK RI Perwakilan Jawa Barat, terkait Pemeriksaan Pendahuluan Kinerja atas Upaya Pemerintah Daerah dalam Mendorong Kemudahan Berusaha, melalui Pelayanan Perizinan dan Penanaman Modal Tahun Anggaran 2020 dan Semester I Tahun 2021 bersama Kabupaten Bogor secara Virtual, di Gedung Negara Kabupaten Sumedang, Senin (9/8).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati didampingi Kepala DPMPTSP Kabupaten Sumedang Asep Uus Ruspandi dan Plt. Inspektur Kabupaten Sumedang Nasam.

Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Jawa Barat Agus Khotib mengatakan, tujuan dari pemeriksaan pendahuluan tersebut adalah untuk memperoleh pemahaman atas hal pokok yang akan diperiksa dan mengidentifikasi kerentanan entitas/program/kegiatan sebagai akibat lemahnya sistem pengendalian internal.

Baca Juga:Jaga Kelestarian, Pemuda Tanam Pohon di Puncak ManikKapolsek Cisitu Ajak Warga Untuk Bijak dalam Berpolitik

“Diantaranya kami mengidentifikasi masalah yang akan diperiksa secara mendalam (area potensial) dan mengidentifikasi risiko bawaan yang terkandung dalam setiap area potensial pemeriksaan,” ujarnya.

Dikatakan, pihaknya akan menentukan area kunci yang akan menjadi fokus dalam pemeriksaan terinci.

“Kami akan menyusun laporan pendahuluan, mengidentifikasi sumber informasi, mengidentifikasi kriteria serta merancang tujuan pemeriksaan yang terinci,” ujarnya.

Ditambahkan Agus, Untuk mencapai tujuan pemeriksaan yang telah ditentukan, pemeriksaan akan ditekankan pada pengujian atas proses bisnis kegiatan atau manajemen penyelenggaraan, sistem pengendalian yang dibangun entitas, dan peraturan dalam mendorong kemudahan berusaha melalui pelayanan perizinan usaha dan penanaman modal.

Agus menyebutkan, jadwal pemeriksaan mulai dari tanggal 29 Juli-24 September 2021 dan diakhiri dengan Penyampaian LHP pada 11 Desember 2021.

“Jadwal pemeriksaan itu meliputi Workshop Pemeriksaan pada 29-30 Juli 2021, Penyusunan Program Pemeriksaan pada 1-4 Agustus 2021, Penyampaian LHP Pendahuluan kepada Pokja tanggal 7 September 2021, Rencana Pemeriksaan Terinci pada 27 Sept-31 Okt 2021, Pemeriksaan Pendahuluan pada 5 Agustus-3 September 2021, Workshop Persiapan Pemeriksaan Terinci 120-24 September 2021 serta Rencana Penyampaian LHP pada hari Minggu 11 Desember 2021,” terangnya.

Ditambahkan Agus, selama pelaksanaan pemeriksaan pihaknya akan menjalankan prokes dan lebih mengoptimalkan sarana yang ada untuk menghindari tatap muka.

Baca Juga:Lapas Sumedang Geram, Ribuan Butir Obat Terlarang Ditemukan dalam Kantong Plastik HitamCari Perhatian, Seorang Warga Nekat Ceburkan Diri ke Sumur

Bupati mengucapkan terima kasih atas penilaian kinerja perizinan yang menghasilkan output berharga sebagai upaya perbaikan terus menerus dalam rangka peningkatan perizinan di Kabupaten Sumedang.

0 Komentar