Akses Pertanian Prioritas Tahun Mendatang

Akses Pertanian Prioritas Tahun Mendatang
BERBINCANG: Kepala Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja Harun Rahman Sidik saat ditemui Sumeks di kediamannya, baru-baru ini.(HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM |DARMARAJA – Pemerintah Desa Cikeusi Kecamatan Darmaraja membidik pembangunan jalan penunjang pertanian di Dusun Citembong Girang.

Mengingat pentingnya akses jalan menuju sektor pertanian di dusun tersebut, Pemdes Cikeusi menargetkan akses jalan tersebut akan dilakukan pengecoran pada anggaran Dana Desa (DD) tahun 2022.

Kepala Desa Cikeusi, Harun Rahman Sidik mengatakan kondisi saat ini akses jalan tersebut baru dalam tahap pembukaan badan jalan. “Saat ini akses jalan tersebut baru tahap pembukaan badan jalan dan tebing,” katanya kepada Sumeks, baru-baru ini.

Baca Juga:Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Jepang sebagai Mitra Strategis Terus BerlanjutRossa akan Didaulat Menjadi Duta Sahabat SDGs Mandiri Sumedang

Menurutnya, akses jalan pertanian tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah desa untuk mensejahterakan petani dan menambah semangat para petani untuk bercocok tanam.

“Kalau sudah ada akses jalan, setidaknya petani lebih semangat untuk bercocok tanam dan mempermudah pengangkutan hasil buminya,” terangnya.

Dengan adanya akses jalan tersebut, para petani lebih irit mengeluarkan biaya oprasional pengangkutan hasil bumi.

“Kalau jalannya sudah mulus, biaya operasional pengangkutan hasil bumi akan lebih irit,” tandasnya.

Tak hanya itu, akses jalan tersebut juga sebagai akses jalan menuju salah satu situs yang ada di Desa Cikeusi. Untuk kedepannya, situs tersebut juga bisa dijadikan wisata religi. (eri)

0 Komentar