Program Vaksinasi Puskesmas Situ Ikuti Sasarannya

Program Vaksinasi Puskesmas Situ Ikuti Sasarannya
Kepala Puskesmas Situ Drg Aries Sugih Budhiana Pamungkas saat ditemui Sumeks di kantornya, beberapa waktu lalu. (Foto: Ahmad Sofa/Sumeks)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, KOTA – Masa perpanjangan PPKM level empat, pelayanan keseharian Puskesmas Situ kepada masyarakat ada pembatasan, khususnya pada kunjungan pasen. Kemudian, terkait program vaksinasi di Puskesmas Situ disesuaikan dengan sasarannya.

Hal itu disampaikan Kepala Puskesmas Situ Drg Aries Sugih Budhiana Pamungkas kepada Sumeks beberapa hari yang lalu.

“Untuk pembatasan kegiatan, karena kita masuk dalam sektor kritikal, artinya dalam hal pelayanan kita mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 61 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Jadi, artinya ada pembatasan jumlah kunjungan pasien,” ujar Aries.

Baca Juga:Peningkatan Kerja Sama Indonesia-Jepang sebagai Mitra Strategis Terus BerlanjutRossa akan Didaulat Menjadi Duta Sahabat SDGs Mandiri Sumedang

Sementara terkait program vaksinasi, dia menjelaskan, kegiatan vaksinasi disesuaikan dengan sasarannya. Misalnya, apabila sasarannya terdapat di Kelurahan Situ maka kegiatan vaksinasi secara mobile dilajsanakan di Kelurahan Situ.

“Untuk sasaran sasaran tertentu, seperti SMK jemudian sasaran lansia bisa dilaksanakan di Puskesmas atau di beberapa tempat lain,” bebernya.

Aries menuturkan, vaksinasi itu ada aturannya. Setelah dilakukan vaksinasi pertama, 28 hari kemudian harus dilakukan vaksinasi tahap kedua.

“Perlu masyarakat ketahui bahwa vaksinasi adalah pemberian vaksin (Antigen) yang dapat merangsang pembentukan imunitas (Antibodi) atau sistem imun di dalam tubuh.
Vaksinasi juga sebagai upaya pencegahan primer yang sangat handal mencegah penyakit yang dapat dicegah dengan vaksinasi. Dengan sistem vaksinasi yang benar diharapkan akan diperoleh kekebalan yang optimal dan penyuntikan yang aman Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) yang minimal,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Aries, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus corona memiliki resiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yaitu dengan vaksinasi.

“Jadi bagi masyarakat saya imbau untuk tidak takut melakukan vaksinasi karena vaksinasi ini bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh juga untuk menjaga produktivitas dan mengurangi dampak dari penyakit Covid -19 ini,” tutupnya. (ahm)

0 Komentar