Kapolres: Setiap Hajatan Harus Ada Posko Penegakan Prokes

Kapolres: Setiap Hajatan Harus Ada Posko Penegakan Prokes
Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto. (Foto: Sobar Bahtiar/Sumeks)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto meminta adanya pembentukan posko penegakan prokes kesehatan di setiap pelaksanaan event maupun berbagai jenis hajatan.

Hal tersebut disampaikannya usai menerima kunjungan audensi dari sejumlah pengusaha jasa pernikahan yang tergabung kedalam Asosiasi Penyelenggara Pernikahan Sumedang (APPS), Kamis (2/9).

“Kami sepakat untuk jadi percontohan dimana apapun event nya mau vaksinasi ataupun hajatan, mereka akan mendirikan posko PPKM,” ujarnya kepada Sumeks.

Baca Juga:PPKM Diperpanjang, Jabar Bebas Level 4 Enam Daerah Level 2 Siap PTM dengan Hati-hatiPemerintah Perluas Vaksinasi COVID-19 Pelajar untuk Tunjang PTM

Kapolres juga mengemukakan, pihaknya sebagai Satgas Covid siap untuk mensuverpisi tim penegakan prokes di acara hajatan. Sementara yang menjadi tim penegakan prokes sendiri disediakan oleh penyelenggara hajat yang memahami penegakan prokes.

“Pada prinsipnya mereka akan banyak menggelar event – event khususnya terkait pandemi seperti vaksinasi dan kedepannya jika hajatan dimulai mereka akan menggelar proses pernikahan. Dan kami sifatnya hanya mensupervisi sehingga bisa menghemat energi dan bisa menjangkau lebih luas,” ungkapnya.

Selain itu, Kapolres juga menyebutkan tidak akan melakukan pembubaran selama protokol kesehatan dijalankan oleh pihak penyelenggara acara. Bilamana ditemui pelanggaran, pihaknya akan melakukan tindakan secara humanis.

“Kita akan menilai dulu apakah posko bisa berjalan efektif, apakah prokes bisa sesuai, baru kita lakukan langkah – langkah yang diperlukan,” sebutnya.

Kapolres juga berharap, dengan kesepakatan tersebut pihaknya bisa menekankan adanya partisipasi dari masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan sesuai aturan yang berlaku.

“Mudahan saja ada partisipasi dari masyarakat dalam menegakan prokes dari acara hajatan seperti itu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua APPS Yadi Bachman mengatakan, pihaknya siap untuk menjalankan kebijakan yang diberikan oleh pemerintah. Yakni tetap menggunakan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan hajatan.

Baca Juga:Menko Airlangga: Inflasi Masih Tetap Terkendali di Tengah Mulai Meningkatnya Demand Sektor ManufakturWarga Pasrah, Rumah Retak-retak Akibat Pekerjaan Tol

“Kami siap untuk jalankan sesuai arahan dari Pak Kapolres. Dan itu juga sudah disepakati oleh semua anggota dari APPS yang didalamnya juga terdiri dari beberapa forum atau asosiasi,” tuturnya. (red)

0 Komentar