Camat: Cibugel Masuk Zona Hijau Vaksinasi Capai 61 Persen

Camat: Cibugel Masuk Zona Hijau Vaksinasi Capai 61 Persen
Tim Kesehatan Puskesmas Cibugel saat melakukan vaksinasi siswa tingkat SMP mendapat perhatian serius Forkopimcam Cibugel. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cibugel – Camat Cibugel Nuryadin mengaku, sampai sekarang wilayahnya masih berada di level aman Covid-19 alias zona hijau.

“Alhamdulillah Cibugel sampai sekarang ada di zona hijau,” kata Nuryadin, beberapa waktu lalu.

Menurut Nuryadin, Kecamatan Cibugel dapat bertahan di zona hijau Covid-19 salah satu faktornya karena wilayah tersebut bukan menjadi sentral aktivitas masyarakat luar daerah.

Baca Juga:Rumah Terbakar, Yayah Rugi Rp 50 JutaMelalui Medsos, Anak di Bawah Umur Dapatkan Pelecehan

Dijelaskan Nuryadin, untuk sasaran vaksinasi ada 18.471, saat ini capaiannya sudah 61,2 persen.

“Kita bersebelahan dengan Garut, tapi kalaupun ada warga luar atau warga Sumedang yang mau ke Garut, hanya melintas Cibugel saja. Jadi gak aktivitas lama di sini,” terangnya.

Nuryadin berujar, minimnya kegiatan masyarakat terutama warga luar di Kecamatan Cibugel menjadikan penularan Covid-19 semakin kecil.

“Di samping itu warga di sini walaupun jarang kontak erat dengan warga luar tetap menerapkan prokes (protokol kesehatan) walaupun tetap ada saja yang lupa atau tidak menggunakan masker. Tapi tidak dominan, cuma beberapa orang,” imbuh Nuryadin.

Dalam pemaparannya, Nuryadin menuturkan, Tim Satgas Covid-19 baik tingkat kecamatan ataupun desa tidak pernah bosan memantau dan memberi imbauan mengenai protokol kesehatan.

“Di sini jauh juga kalau ke kota, jadi warga aktivitas gak banyak keluar. Kalaupun ada yang ke luar kota itu yang merantau satu sampai tiga bulan sekali pulangnya,” ucap Nuryadin.

Dia berharap, seluruh warga Cibugel dapat terus mempertahankan level zona hijau Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan meskipun tidak beraktivitas ke luar daerah.

Baca Juga:Percepat Vaksinasi, Pemkab Sumedang Targetkan 20 Ribu Dosis Vaksin dalam SehariMenko Airlangga: Keberhasilan Atasi Pandemi Bantu Wujudkan Visi Indonesia 2045

“Jaga kesehatan, prokes tetap ditaati kemudian untuk warga Cibugel saya harap dapat divaksin semua,” tutupnya.

Dalam menjaga Herd immunity (kekebalan kelompok) dengan target 70 persen di Kecamatan Cibugel, pihaknya terus mengupayakan agar capaian itu segera terpenuhi.

Untuk kesekian kalinya kegiatan vaksinasi  Covid-19 dilaksanakan. Seperti kali ini Puskesmas Cibugel melakukan vaksinasi dosis pertama kepada siswa siswi SMPN 1 Cibugel dan MTS AL Hikmah.

Tempatnya di lingkungan sekolah sebanyak 250 orang, bahkan kehadirannya melebihi target yang disediakan yakni 276 orang.

Pengamanan kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolsek Cibugel Iptu Ucu Abdurahman dan Tim Kesehatan dipimpin langsung oleh Kepala PKM H.Tarya S.Kep.Ners.dengan menurunkan 10 orang tim nakes. (kos)

0 Komentar