Waspadai Pohon Tumbang di Musim Angin

Waspadai Pohon Tumbang di Musim Angin
Eman Sulaeman Kepala Desa Tarunajaya (HERI PURNAMA/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Darmaraja – Pemerintah Desa Tarunajaya Kecamatan Darmaraja mengimbau warga untuk waspada pohon tumbang di musim angin.

Tiupan angin pada musim kemarau cukup kencang. Hal itu harus diwaspadai warga untuk mengantisipasi adanya pohon tumbang yang disebabkan angin kencang tersebut.

Kepala Desa Tarunajaya, Eman Sulaeman menyebutkan, di areal wilayah Desa Tarunajaya masih banyak pohon menjulang tinggi sekitar pemukiman. Apalagi, untuk wilayah Dusun Ciduging masih banyak terdapat pohon besar.

Baca Juga:Sudah Beroperasi, Pengunjung Burnong Belum NormalTerdampak Tol Cisumdawu Masih Banyak Belum Dibayar

“Sudah beberapa minggu ini sering bertiup angin kencang. Hal itu harus diwaspadai untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Eman kepada Sumeks, Senin (6/9).

Dikatakan, pemukiman yang berada diantara kebun dengan tanaman kayu yang cukup besar, seyogyanya pemilik pohon dan warga setempat harus menertibkan ranting pohon agar tidak terlalu berat pada saat tertiup angin.

“Kalau ada pohon yang berdekatan dengan pemukiman sebaiknya ditertibkan agar tidak menimbulkan hal yang bisa berdampak buruk,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap agar pemilik pohon bisa sadar dengan potensi yang bisa membahayakan jiwa.

“Pemilik pohon juga harus sadar untuk menertibkan ranting pohonnya agar semua bisa selamat,” katanya.

Tak hanya itu, selain bisa berdampak menimpa rumah warga, pohon juga bisa mengakibatkan terputusnya saluran kabel listrik yang tertimpa dan hal itu bisa berdampak lebih fatal.

“Tak hanya rumah warga saja yang terancam intalasi kabel listrik juga bisa terancam,” tukasnya. (eri)

0 Komentar