Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Lebih Inovatif

Pelaku Ekonomi Kreatif Harus Lebih Inovatif
Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Sumedang diharapkan bisa lebih inovatif dalam menggali berbagai peluang yang berpotensi mendongkrak ekonomi.

Pelaku ekonomi kreatif dianggap memiliki peran besar untuk membangun pondasi ekonomi, khususnya di Sumedang. Apalagi saat ini, dimana pemerintah daerah sedang membangun pemulihan ekonomi akibat pandemi.

Seperti disampaikan Kepala Dinas Pariwisata, Budaya, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang Hari Tri Santosa pada acara Fokus Group Discussion (FGD) pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Sumedang di Gedung PKK, komplek Gedung Negara Sumedang, baru-baru ini.

Baca Juga:Gubernur Lantik Muhammad Yusuf sebagai Wali Kota Tasikmalaya DefinitifSeminggu, 50.000 Dosis Vaksin Harus Habis

Hari mengatakan, sektor ekonomi kreatif saat ini menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Oleh karenanya, pelaku ekonomi kreatif berkesempatan luas untuk mendapatkan dukungan untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitasnya.

“Banyak sektor ekonomi kreatif di Sumedang. Mudah-mudahan bisa berkolaborasi sehingga bisa menumbuhkan gairah pengembangan ekonomi kreatif,” ujar Hari.

Hari menyatakan, di Sumedang, sedikitnya adanya 17 sub sektor pelaku ekonomi kreatif yang sudah menunjukkan eksistensinya. Diharapkan dari 17 sub sektor tersebut bisa mengembangkan potensinya masing-masing.

“Jika (sub sektor pelaku ekonomi kreatif) saling mendukung, tentunya akan saling menguatkan. Misal sajian kopi di foto dengan kemasan yang menarik atau divideo dengan kreatif bisa menarik minat konsumennya,” tuturnya.

Disela kegiatan, Hari juga menyampaikan perlunya dibentuk komite ekonomi kreatif di Sumedang. Apalagi kedepan akan terwujud gedung kreatif center yang akan menjadi tempat pengembangan aktivitas pelaku kreatif di Sumedang.

Adapun sub sektor pelaku ekonomi kreatif di Sumedang antara lain, sub sektor Aplikasi, Arsitektur, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Desain Produk, Fashion. Kemudian sub sektor Film-Animasi-Video, Fotografi, Kriya, Kuliner, Musik, Penerbitan, Perikanan, Seni Pertunjukan, Seni Rupa, Televisi dan Radio dan Pengembangan Permainan. (eri)

0 Komentar