NesaciTV, Studio Mini SMP Negeri 1 Cimanggung

NesaciTV, Studio Mini SMP Negeri 1 Cimanggung
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cimanggung, Eni Heniwati (kiri) di studio mini NesaciTV, Kecamatan Cimanggung, kemarin. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS, Cimanggung – Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau yang lebih dikenal belajar secara daring saat ini sudah dilakukan di sebagian besar sekolah hingga perguruan tinggi di Tanah Air. Hal itu disebabkan karena pendidikan harus tetap berjalan di tengah pandemi Covid-19 serta untuk meminimalisir penyebaran virus.

Terkait hal tersebut, SMP Negeri 1 Cimanggung meluncurkan Studio Hybrid Learning sesuai arahan Bupati Sumedang guna mempermudah pembelajaran secara daring.

Diketahui sebelumnya, Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir sempat menyampaikan, Studio Hybrid Learning dibuat dalam rangka mempermudah pembelajaran daring. Sehingga, para guru dapat leluasa dan nyaman menyampaikan materi pembelajaran kepada para siswa di tengah pandemi Covid-19.

Baca Juga:Puluhan Tahun Gelap,Cigumentong Akan Teraliri ListrikHadapi Musim Hujan, Warga Stok Kayu Bakar

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Cimanggung, Eni Heniwati menyampaikan, terbentuknya Studio Hybrid Learning disambut baik oleh para guru juga siswa.

“Kita bikin studio mini, namanya NesaciTV, artinya Negeri Satu Cimanggung TV,” kata Eni di lokasi NesaciTV, Senin (20/9).

Dia menjelaskan, dalam penggunaan studio mini tersebut, dilakukan untuk melancarkan KBM. Sehingga, para guru dan siswa dapat merasakan pembelajaran yang tidak monoton.

“Biar guru juga dapat jiwa mengajarnya, karena ini live langsung pakai zoom dengan layar gurunya menerangkan pakai papan tulis. Di sini papan tulisnya digital pakai monitor,” jelas Eni.

Meskipun memanfaatkan kemajuan teknologi dalam KBM, SMP Negeri 1 Cimanggung tetap memperhatikan perkembangan siswanya.

“Kita adakan kegiatan guru dan wali kelas datang ke rumah-rumah siswa. Tujuannya selain dapat temu sapa dan lihat perkembangan siswa, juga mensiasati kalau ada siswa yang terkendala dalam pembelajaran daring,” imbuhnya.

Eni berujar, pemecahan solusi bagi siswa SMP Negeri 1 Cimanggung yang tak dapat maksimal mengikuti PJJ karena terkendala perangkat gawai atau sulitnya sinyal, dilakukan KBM tatap muka di masing-masing rumah siswa yang bersangkutan.

Baca Juga:Antisipasi Alami Kerugian, Petani Pilih Tanam PalawijaSMPN 6 Sumedang Kolaborasikan Daring dan Luring

“Studio mini NesaciTV juga kita buat akun YouTube supaya kegiatan belajar materinya tetap bisa dipelajari siswa. Bisa di cek NesaciTV Channel,” ucapnya.

“Kita juga supaya aktif terus studio mininya, selain digunakan untuk pembelajaran daring kita bikin konten podcast dengan narasumber untuk menambah ilmu dan wawasan siswa,” tutup Eni. (kos)

0 Komentar