Potensi UMKM Sumedang Luar Biasa

Potensi UMKM Sumedang Luar Biasa
Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI Hanung Harimba Rachman didampingi Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir saat melihat Galeri UMKM so IPP Sumedang, baru-baru ini. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah Kementerian Koperasi dan UKM RI Hanung Harimba Rachman
menilai UMKM Sumedang memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan.

“Sumedang potensinya luar biasa, punya resources yang sangat besar. Kemudian letaknya sangat strategis karena banyak perguruan tinggi. Jadi, saya pikir UMKM disini bisa dikembangkan berbasis inovasi,” kata Hanung berkunjung ke Gerai IPP, Sabtu, (25/9/2021).

Hanung mengatakan, setelah melihat potensi potensi UMKM Sumedang, untuk beberapa produk, hasil pengerjaannya sudah sangat bagus.

Baca Juga:Tahun 2024, Target Jalan Ciurug MulusEkspor Buncis Sukawangi Sampai Singapura

Menurutnya, tinggal pengemasan produk yang masih belum bisa dilakukan secara mandiri dan cara pemasarannya.

Kaitan hal itu, kata Hanung, pihaknya berupaya membantu dan mendorong pengembangan UMKM Sumedang, baik dari segi pengemasan produk, alat produksi sampai pemasaran untuk produk makanan maupun non makanan seperti kaos kaki, baju batik maupun produk kerajinan.

“Produk yang sudah dikerjakan sudah luar biasa, tinggal sedikit lagi, seperti kemasannya, karena harus ke Bandung. Marketingnya nanti sama-sama kita kembangkan supaya lebih luas lagi. Tentunya banyak produk-produk lain yang bisa kita gali,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir menyampaikan, kedatangan Deputi tersebut merupakan kunjungan balasan setelah sebelumnya Wabup Erwan melakukan kunjungan ke Kementerian Koperasi dan UKM RI di Jakarta Senin (23/8) lalu.

Selain melihat langsung potensi-potensi UMKM yang ada di Sumedang, kata Bupati, Deputi juga akan membantu pengembangannya. Termasuk penguatan kelembagaan, pengembangan rumah kemasan, peralatan atau mesinnya dan juga akses pasarnya.

“Alhamdulillah, kami berterima kasih kepada Kementerian Koperasi dan UKM yang meninjau langsung potensi-potensi UMKM yang ada di Sumedang dan akan dipilah mana produk-produk yang bisa dipasarkan keluar Sumedang bahkan keluar negeri,” pungkasnya. (atp)

0 Komentar