Warga Cigumentong Akhirnya Bisa Menikmati Listrik dari PLN

Warga Cigumentong Akhirnya Bisa Menikmati Listrik dari PLN
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir didampingi Manajer PLN UP3 Sumedang Redi Zusanto usai menyalakan listrik secara simbolis di Kampung Cigumentong, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS, Cimanggung – Masyarakat Kampung Cigumentong, Desa Sindulang, Kecamatan Cimanggung akhirnya bisa menikmati listrik setelah mendapat penyambungan listrik secara gratis dari PT PLN Persero.

Penyambungan listrik tersebut, dihadiri langsung oleh Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir yang didampingi Manajer PLN UP3 Sumedang Redi Zusanto.

Bupati mengatakan, penyambungan listrik gratis tersebut diberikan kepada 17 Kepala Keluarga (KK). Hal itu sebagai bukti hadirnya pemerintah dalam memberikan perhatian terhadap warganya.

Baca Juga:Vaksinasi Massal Dalam Momentum HUT TNI Ke 76. Ini Kata Bupati SumedangBumdesma Permata Mengelola Aset Ekonomi Sebesar Rp. 7,2 M

“Alhamdulillah Pemda Sumedang bersama PLN dapat merealisasikan harapan warga Cigumentong dalam penggunaan listrik menjadi sarana pendukung kebutuhan sehari harinya. Bahkan, penyambungan listrik ini gratis tidak dipungut biaya,” ujarnya, Selasa (5/10).

Bupati juga turut mengapresiasi kepada PLN yang telah menyalurkan dana Corporate Social Responsibility (CSR) nya guna membantu penyambungan listrik bagi warga Kampung Cigumentong yang berada di pelosok Sumedang.

Sementara itu, Manajer PLN UP3 Sumedang, Redi Zusanto menyatakan, penyambungan listrik secara gratis dari dana CSR PLN Unit Induk Jabar tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua pihak. Termasuk PLN, karena selama 443 tahun Sumedang berdiri sekarang baru teraliri listrik.

“Ya, penyambungan listrik ini ditandai dengan penyalaan langsung oleh Bupati Sumedang. Dan Insya Allah pada akhir bulan Oktober 2021 nanti, PLN Sumedang akan menyambungkan lagi saluran listrik untuk 35 KK warga Kampung Cisoka,” terangnya.

Redi mengatakan, dengan adanya penyambungan listrik secara gratis tersebut diharapkan dapat mendukung peningkatan perekonomian masyarakat setempat terutama yang berada di pelosok daerah.

“Untuk menjangkau ke Kampung Cigumentong dari gardu terdekat sejauh 1,5 KM atau sebanyak 30 tiang listrik dengan penyambungan 900 VA setiap rumahnya. Kami mendapat dukungan suplai listrik dari Garut dan pemeliharaannya melibatkan PLN Majalaya,” paparnya.

Selain itu, imbuh Redi, kegiatan penyalaan listrik juga diwarnai dengan pemberian paket sembako bagi keluarga prasejahtera, paket alat tulis, dan sarana untuk masjid setempat dari Yayasan Baitul Mal (YBM) PLN UP3 Sumedang.

Baca Juga:BPBD Sumedang Pastikan Anggaran DTH Untuk Korban Longsor Cair Bulan IniPelaku Seni Ingin Masyarakat Tidak Paranoid Untuk Menggelar Hiburan

Di tempat yang sama, Tokoh Masyarakat sekaligus Pemangku Adat Kampung Cigumentong, Jai Suryana, menyambut baik adanya program penyambungan listrik gratis dari PLN.

“Terus terang kami bersama warga disini sangat senang dan menjadi kebanggaan tersendiri. Mengingat sudah bertahun tahun lamanya, sekarang bisa menikmati hak penggunaan listrik dalam mendukung kebutuhan rumah tangga,” ungkapnya.

0 Komentar