Paham Kebutuhan Warga, Suganda Optimis Menang di Pilkades Sawahdadap

Paham Kebutuhan Warga, Suganda Optimis Menang di Pilkades Sawahdadap
Foto baliho incumben Calon Kepala Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, Suganda (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

SUMEKS, Cimanggung – Usai dilakukannya pemuktahiran Data Pemilih Tetap (DPT), para calon kepala desa siap memasuki masa kampanye hingga proses pemilihan pada 27 Oktober 2021 mendatang.

Salah satu Calkades di Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung sekaligus incumbent Suganda, mengaku optimis dapat meraih kembali kemenangan.

Suganda memaparkan, setelah enam tahun lamanya memimpin Desa Sawahdadap, dia telah paham apa saja yang dibutuhkan dan menjadi prioritas masyarakat.

Baca Juga:Terungkap, Atlet Rugby Putri Ikeu Rosita Adalah Mantan Pemain PersibCuaca Panas Sebabkan Kematian Ayam di Darmaraja Meningkat

“Sebagai incumbent, tentu enam tahun yang pertama ada visi dan misi. Ada yang sudah diselesaikan, sedang dikerjakan dan ada yang belum dikerjakan,” ujarnya kepada Sumeks, Kamis (13/10).

“Ke depan, kalau saya masih dipercaya oleh masyarakat, hal-hal yang belum tercapai pada periode pertama insya Allah akan saya laksanakan pada periode kedua,” sambungnya.

Menurutnya, lanjut Suganda, yang menjadi kebutuhan dasar bagi warga Desa Sawahdadap salah satunya adalah penyediaan air bersih.

Oleh sebab itu, Suganda menegaskan bahwa jika terpilih kembali menjadi kepala desa, tak hanya air bersih, namun kebutuhan dasar lainnya akan diupayakan demi masyarakat.

“Saya akan prioritas pada kebutuhan dasar masyarakat. Satu rutilahu (rumah tidak layak huni), kedua air bersih, ketiga pelayanan kesehatan dan keempat kebersihan lingkungan,” paparnya.

Sementara itu, dirinya juga menyampaikan, jika selama 6 tahun di masa kepemimpinannya, baik program atau kebutuhan warga sudah dilaksanakan.

“Semua bidang sudah dilaksanakan, cuman belum maksimal karena kemampuan kewenangan desa,” jelasnya.

Baca Juga:YNWPS : Jangan khianati nilai luhur ikrar wakaf Pangeran SoeriaatmadjaMenko Airlangga: Bantuan Tunai PKL dan Warung di Provinsi NTB Paling Cepat dan Tepat Sasaran

Adapun program unggulan yang akan dibawanya nanti, adalah terkait pengentasan angka kemiskinan. Hal itu mengingat masih ada warga yang kekurangan secara ekonomi.

“Untuk tahun yang akan datang, saya akan memprioritaskan dalam pengetasan kemiskinan, salah satunya rutilahu,” terangnya.

“Karena rutilahu itu menyangkut berbagai aspek. Kesehatan, kenyamanan dan ketenangan dalam kehidupan,” sambung Suganda.

Alasan kenapa mengutamakan program rutilahu, dikarenakan dirinya tidak mau dilihat bagus tampilan desanya dari luar. Namun masih ada warganya yang merasa tak nyaman dalam menghuni rumah.

“Walaupun jalan bagus, gang bagus tapi kalau ke rumah atapnya pada bocor itu memprihatinkan sekali. Ini jadi prioritas saya,” tuturnya. (kos)

0 Komentar