Desa Siaga Siapkan Kebutuhan Warga

Desa Siaga Siapkan Kebutuhan Warga
Ambulan Desa Sindulang Kecamatan Cimanggung saat terparkir dan mendapat penjagaan petugas linmas di Kantor Desa Sindulang. (Foto: Engkos Koswara/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEKS, Cimanggung – Ambulan Desa kegunaannya untuk mengangkut orang sakit bagi warga di wilayah Desa Sindulang saja. Ambulan desa juga bisa untuk kegiatan kesehatan yang lain. Seperti penyuluhan, kegiatan kader, dan posyandu.

Kepala Desa Sindulang Ujang Supriatna SPd mengatakan keberadaan ambulan di desanya dapat membantu masyarakat yang membutuhkan ketika akan dibawa ke pusat layanan kesehatan, seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah.

“Dalam kondisi darurat seperti kecelakaan, melahirkan dan kasus pasien yang harus dirujuk ke puskesmas atau RSUD, tidak lagi mengalami kesulitan dengan keberadaan ambulan desa,” kata Ujang kepada Sumeks, belum lama ini.

Baca Juga:Ruas Jalan Sindang-Pasirmalang SelesaiRest Area Tol Cisumdawu Diisi 70 Persen UMKM Sumedang

Dikatakan, pemanfaatan ambulan desa itu juga sangat optimal. Karena, masyarakat telah mengetahui keberadaan ambulan desa, sehingga warga tidak kesulitan menggunakan fasilitas yang telah disediakan tersebut.

“Ambulans desa itu disediakan untuk mempercepat pelayanan kesehatan masyarakat terkait transportasi warga yang sakit untuk berobat ke puskesmas terdekat maupun rumah sakit,” jelasnya.

Dikatakan, setiap harinya kendaraan darurat ini dipastikan stan by di desa karena sewaktu waktu dibutuhkan masyarakat dalam keadaan darurat.

“Kendaraan ambulan ini setiap harinya stan by di desa karena sewaktu waktu ada pasien yang harus segera di bawa ke RSUD,” paparnya. (kos)

0 Komentar