Camat Cikancung Upayakan Pemangkasan Pohon

Camat Cikancung Upayakan Pemangkasan Pohon
Pemerintah Kecamatan Cicalengka bersama tim saat memapas pohon yang dihawatirkan tumbang. (Foto: ISTIMEWA)
0 Komentar

Antisipasi Terjadi Bencana Pohon Tumbang

SUMEDANGEKSPRES.COM, Cikancung – Peristiwa pohon tumbang sempat terjadi di Jalan Raya Cicalengka-Majalaya, tepatnya di Dusun Peundeuy Desa Tanjunglaya Kecamatan Cikancung, Kabupaten Bandung, Senin (1/11) lalu.

Hal itu menjadi contoh bagi Camat Cikancung Maksum untuk menanggulangi bencana pohon tumbang di wilayahnya. Pasalnya, potensi terjadinya bencana alam pada musim hujan ini cukup tinggi, mulai dari banjir, longsor, angin puting beliung serta pohon tumbang.

Maksum menyampaikan, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan bagian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bandung untuk melakukan pemangkasan pohon besar yang berusia tua.

Baca Juga:Kecelakaan Bukan Rem Blong, Tapi Over KapasitasJangan Terjadi Kembali, Memalukan Sumedang

Diketahui, setiap pohon yang ada di pinggir jalan, termasuk pohon berukuran besar dan sudah berusia tua merupakan milik negara. Sehingga, kewenangan untuk melakukan penebangan atau pemangkasan ada di bagian PUPR.

“Sudah mengajukan ke PUPR dan itu kewenangan ada di PUPR. Kita ajukan agar setiap pohon besar berusia tua terutama wilayah Cikancung untuk dilakukan pemangkasan,” kata Maksum, belum lama ini.

Maksum menuturkan, pengajuan tersebut sebagai antisipasi terjadinya bencana pohon tumbang lain nantinya.

“Potensi terjadi pohon tumbang cukup besar, maka saya harap bisa berkolaborasi dengan PUPR agar dapat meminimalisir terjadi bencana pohon tumbang,” tuturnya.

Dijelaskan, warga Kecamatan Cikancung juga sudah merasa khawatir dengan berdirinya pohon besar berusia tua di tengah musim hujan saat ini.

“Warga juga sudah banyak yang meminta untuk dipangkas pohon-pohon besar, karena khawatir juga kalau ada hujan disertai angin kencang,” pungkas Maksum. (kos)

0 Komentar