Titus: Ada Tiga Syarat UMKM Masuk Rest Area

Titus: Ada Tiga Syarat UMKM Masuk Rest Area
Produk-produk UMKM Kecamatan Buahdua dipajang dalam sebuah acara di Kecamatan Buahdua, kemarin. (Foto: Atep Bimo Ario S/SUMEKS)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Kota – Ketua Asosiasi UMKM Sumedang Titus Diah menuturkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika UMKM Sumedang akan menjadi produk yang disimpan di rest area.

Menurutnya, syarat-syarat itu diantaranya, kualitas produksi harus memenuhi persyaratan. Lalu, packaging yang baik akan menjadi faktor penunjang. Dan terakhir kontinuitas produksi, apakah mereka bisa memenuhi permintaan pasar atau tidak.

“Tiga syarat itu harus diperhatikan para pelaku usaha ketika produk UMKM akan masuk ke rest area tol Cisumdawu,” ujarnya kepada Sumeks, Rabu (10/11).

Baca Juga:RCID Momentum Kebangkitan Sektor Industri Asia Pasifik, Menko Airlangga: Visi Bersama dan Semangat Kolaborasi Jadi Kunci UtamaProgram Kartu Prakerja Dipuji Dunia, Menko Airlangga: Berdampak Positif di Tiga Sektor

Dikatakan, pihak Asosiasi berharap Pemerintah Kabupaten Sumedang dapat sinergi dengan UMKM Sumedang. Karena, yang terjadi saat ini UMKM Sumedang merasa dikotak-kotakan.

“Hari ini UMKM terkotak-kotak. Tapi, mudah-mudahan dengan adanya mediasi dari dinas terkait mulai ada titik terang dan kebersamaan,” terangnya.

Titus menjelaskan, banyak produk-produk UMKM Kabupaten Sumedang yang layak masuk ke rest area. Seperti, keripik, opak, raginang dan produk lainnya yang merupakan khas Sumedang.

“Kita juga punya ciri khas yaitu Ubi Cilembu yang bisa diolah menjadi berbagai produk. Diantaranya menjadi keripik, sistik, bolu dan lainnya,” paparnya.

Oleh sebab itu, Titus menyarankan agar Pemkab Sumedang harus memfasilitasi produk-produk UMKM dapat masuk ke rest area sebelum dikuasai oleh pengusaha-pengusaha nasional.

“Itu harus ditegaskan Pemkab Sumedang,” ungkap Titus.

Sementara itu, seorang pelaku usaha UMKM Sumedang mengaku antusias ketika mendengar UMKM akan mendominasi rest area Tol Cisumdawu. Dan pihaknya menyambut baik rencana Pemkab Sumedang tersebut.

“Ini merupakan kabar gembira bagi UMKM Sumedang. Dan kami pun siap meningkatkan produksinya serta memberikan kemasan yang baik agar UMKM Sumedang laku di rest area Tol Cisumdawu,” tuturnya. (atp)

0 Komentar