Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang sebagai Penyelenggara Kegiatan PPG Daljab Tahun 2021

Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang sebagai Penyelenggara Kegiatan PPG Daljab Tahun 2021
Dr. Isrok’atun, M.Pd. Koordinator PPG Daljab-Guru Kelas SD, UPI Kampus Sumedang
0 Komentar

Kegiatan PPG Dalam Jabatan (PPG-Daljab) Angkatan 4 untuk Guru Kelas SD tahun 2021 diselenggarakan oleh Prodi PGSD Kelas UPI Kampus Sumedang, dengan alur sebagaimana berikut:

Perkuliahan berlangsung selama 4 bulan, dari bulan September-Desember 2021. Perkuliahan terlaksana secara daring (dalam jaringan) dengan peserta sebanyak 66 mahasiswa PPG yang berasal dari berbagai daerah di seluruh penjuru Indonesia, terbagi dalam 2 kelas. Perkuliahan didisain secara Problem-Based Learning (PBL) dan Project-Based Learning (PjBL) dengan harapan setelah mahasiswa lulus dari PPG ini layak menyandang sebagai Guru Profesional.

Desian model PBL dilaksanakan dengan semua materi perkuliahan adalah berangkat dari segala permasalahan yang dialami mahasiswa di kelasnya masing-masing. Kegiatan PBL ini diterapkan pada Mata Kuliah Pendalaman Materi, yaitu: mahasiswa melakukan observasi/identifikasi masalah pembelajaran yang ada selama mahasiswa menjadi guru. Masalah bisa berada di guru (defisit kompetensi) juga bisa berada di siswa dan kelas. Jangan sampai guru berusaha mengidentifikasi masalah pembelajaran siswa tetapi pada diri  guru masih terdapat masalah “defisit kompetensi”. Jika masalah tersebut berada di guru, maka solusinya adalah pendalaman materi bidang studi. Akan tetapi jika masalah tersebut berasal dari dalam proses pembelajaran, maka solusinya adalah melalui pendalaman materi pedagogik, dengan dampingan dari dosen-dosen berpengalaman di bidangnya.

Baca Juga:PEN Berhasil Imbangi Dampak Covid 19, Menko Airlangga: Indonesia Mendapat Apresiasi Lembaga InternasionalUPI Ikuti Workshop Unggah Produk Modul Digital ke SPADA DIKTI

Desain model PjBL diselenggarakan melalui kegiatan perkuliahan Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan menyelesaikan proyek mengembangkan 3 perangkat pembelajaran: rencana pembelajaran, bahan ajar, media, LKPD, instrumen penilaian. Dan setelah melewati proses Ujian Komprehensif serta dinyatakan lulus, maka mahasiswa dapat mempraktikkan perangkat pembelajaran tersebut dalam kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL).

Untuk bisa dinyatakan lulus serta berhak mendapatkan sertifikat pendidik dan dinyatakan sebagai Guru Profesional, selanjutnya mahasiswa harus lulus Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Guru (UKMPPG ): Portofolio (karya 3 tahun terakhir), Ujian Kinerja (Ukin), dan Ujian Pengetahuan (UP).

Kegiatan PPG Daljab Angkatan 4 tahun 2021 ini diampu oleh dosen-dosen Prodi PGSD UPI Kampus Sumedang:

  1. Dr. Yudha Munajat Saputra, M. Ed.
  2. Maulana, S.Pd., M.Pd.
  3. Julia, S.Pd., M.Pd.
  4. Isrok’atun, M.Pd.
  5. Atep Sujana. M.Pd. (Wakil Koordinator PPG)
  6. Nurdinah Hanifah, M.Pd.
  7. Diah Gurayani, M.Pd.
  8. Prana Dwija Iswara. M.Pd.
  9. Ani Nur Aeni. M.Pd.
  10. Dadan Djuanda. M.Pd.
  11. Ali Sudin, M.Pd.
  12. Dede Tatang Sunarya, M.Pd.
  13. Riana Irawati, S.Si., M.Si.
  14. Asep Kurnia, M.Pd.
  15. Cucun Sunaengsih. M.Pd.
  16. Dadan Nugraha, M.Pd.
0 Komentar