Vaksinasi Tahap Dua Belum Capai 70 Persen

Vaksinasi Tahap Dua Belum Capai 70 Persen
Sejumlah warga ikut mengantre untuk mendapatkan vaksin covid 19. Untuk tahap dua, program vaksinasi masih di bawah angka 70 persen. (Net/Ilustrasi)
0 Komentar

SUMEDANGEKSPRES.COM, Jatinangor – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Sumedang, dr Reny K Anton menyampaikan, sampai sekarang capaian kekebalan komunal masih diupayakan secara maksimal.

Sebab dengan terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity di satu wilayah, maka warga yang tak bisa divaksin karena penyakit penyerta dapat lebih tenang alias penyebaran virus Covid-19 bisa terminimalisir.

Dijelaskan Reny, untuk saat ini capaian vaksinasi Kabupaten Sumedang sudah menginjak angka 64,76 persen untuk yang sudah divaksin tahap dua.

Baca Juga:Bank BJB Kerjasama Enam Pengembang Perumahan di Wilayah Timur Jawa BaratPolres Siapkan 12 Titik Pos Pengamanan

“Yang sudah divaksin tahap satu itu 74,22 persen ada 685.168 jiwa,” kata Reny melalui pesan singkat.

“Kalau buat yang vaksin tahap dua ada di 64,76 persen dengan jumlah 597.878 jiwa yang sudah divaksin,” tambahnya.

Reny menerangkan, target capaian vaksinasi tersebut mencakup tenaga kesehatan, petugas publik, lansia, masyarakat rentan dan umum serta remaja.

Dalam pemaparannya, Reny menuturkan, meski saat ini target kekebalan komunal masih belum tercapai, Kabupaten Sumedang optimis akhir tahun herd immunity dapat terbentuk.

“Keseluruhan target total capaian vaksin di Sumedang ada 923.200 jiwa. Vaksinasi tetap dioptimalkan,” tuturnya.

Menjelang akhir 2021, Kabupaten Sumedang menargetkan capaian vaksin masyarakat pada angka 70 persen.

Capaian 70 persen itu bertujuan supaya Kabupaten Sumedang dapat membentuk kekebalan komunal, sehingga aktivitas masyarakat tak terlalu diawasi secara ketat. (kos)

0 Komentar