Mekarjaya Prioritaskan Tiga Destinasi Wisata

Mekarjaya Prioritaskan Tiga Destinasi Wisata
Dr Awandi Nopyan | Kepala Desa Mekarjaya (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

KOTA – Pemerintah Desa Mekarjaya Kecamatan Sumedang Utara tahun 2022 memprioritaskan program pembangunan dan pengembangan tiga destinasi wisata.

Hal itu untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan perekonomian dan ketahanan pangan masyarakat desa sesuai Keputusan Presiden nomor 104 tahun 2021 tetang penggunaan anggaran Dana Desa ( DD ) tahun 2022.

Seperti disampaikan Kepala Desa Mekarjaya Dr Awandi Nopyan kepada Sumeks di ruangan kerjanya, Kamis (6/1).

Baca Juga:Polisi Tetapkan Tante S sebagai Tersangka Dugaan Penyekapan Bocah Lima TahunPolres Sumedang Belum Menetapkan Tersangka pada Kasus Dugaan Penyekapan Bocah R

“Diketahui bersama dan sesuai Keputusan Presiden bahwa khusus untuk penggunaan anggaran Dana Desa tahun 2022, 40 % pengunaanya untuk Bantuan Langsung Tunai ( BLT ), 20% untuk ketahanan pangan, 8% untuk Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dan sisanya 32 % untuk kegiatan-kegiatan yang dirutinkan seperti untuk kegiatan Posyandu insentif guru ngaji dan lain – lain,” ujar Awandi.

Kemudian, kata dia, sisa dari semua kegiatan itu, baru untuk pembangunan. “Jadi untuk program tahun 2022 masyarakat jangan berharap ada pembangunan di lingkungan,” tegasnya.

Dikatakan, menindaklanjuti hal itu Pemerintahan Desa Mekarjaya akan tetap berupaya untuk melaksanakan pembangunan yang bertujuan peningkatan ekonomi masyarakat Desa Mekarjaya. Diantaranya, melanjutkan pembangunan pengembangan ke arah destinasi wisata yang sudah dimulai di tahun 2021.

“Pertama pengembangan destinasi wisata Benteng Belanda yaitu Situs Batarai, kedua pengembangan Destinasi Wisata Agrowisata Taman Buah yang lokasinya di Situs Batarai seluas 5,3 Hektar serta ketiga pengembangan Agro Wisata Sawah dan perikanan seluas kurang lebih dua hektar berlokasi di blok Awilarangan RW 04,” jelasnya.

Ditegaskan, meskipun untuk sekarang nilai nominalnya masih sedikit tetapi ini memerlukan kesinambungan dengan pembangunan berkelanjutan.

“Insya Allah kedepan akan bisa dinikmati hasilnya, terutama untuk masyarakat Desa Mekarjaya,” katanya.

Awandi pun menuturkan, program pembangunan tahun 2022 di Desa Mekarjaya akan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) di jalan yang menuju ke Destinasi Agro Sawah dan Perikanan di Blok Awilarangan RW 04. Selanjutnya, pembuatan saung – saung bagi pengunjung dimana nanti masyarakat Desa Mekarjaya yang mengelola Destinasi wisatanya.

Baca Juga:Penyekapan Anak di Sumedang, Beginilah Sosok S, Janda yang Pernah Bersuamikan Orang LampungPenyaluran Bantuan Harus Sesuai Potensi

“Tujuan utamanya pertama peningkatan perekonomian di masyarakat sesuai dengan Intruksi Pemerintah Pusat yaitu penguatan ketahanan pangan. Dimana ketahanan pangan itu bukan hanya di nabati saja, tetapi hewani juga. Kedua penggalian sumber ekonomi bagi masyarakat dari destinasi wisata serta ketiga memelihara situs budaya khususnya Situs Benteng Batarai yang ada di wilayah desa kami,” katanya.

0 Komentar