oleh

Pohon Tumbang Rawan Terjadi di Cadas Pangeran

SUMEDANG EKSPRES – Longsor batu besar seukuran mobil yang menutupi sebagian jalan Cadas Pangeran Rabu (13/1) mengakibatkan pengendara harus berhati-hati jika melintasi jalan tersebut. Selain itu, di musim hujan saat di kawasan Cadas Pangeran rawan pohon tumbang.

BPBD Kabupaten Sumedang melalui Supervisor Pusdalops, Rully Surya turut memberikan imbauan kepada pengendara yang akan melintasi Cadas Pangeran terkait longsor dan rawan pohon tumbang ini.

Baca Juga: Tebing Cadas Pangeran Masih Ada Retakan

“Kami khawatir, sekarang musim hujan dan jalan tersebut memang rawan longsor serta pohon tumbang,” jelasnya kepada Sumeks, Kamis (13/1).

Menurut Rully, penyebab longsor di wilayah Cadas Pangeran ini, selain dari hujan dengan intensitas tinggi pada hari sebelumnya, juga karena kondisi tanah tebing yang rapuh.

“Tebing sudah tidak solid makanya ketika hujan turun dengan deras, mengakibatkan tebing yang rapuh itu longsor dan menutupi sebagian badan jalan,” ujarnya.

Khawatir kejadian serupa terjadi kembali (longsor susulan), Rully beserta pihak terkait turut mengimbau agar pengendara agar lebih berhati-hati.

“Apalagi sudah jelas sekarang musim hujan dam dijalan tersebut memang rawan longsor dan pohon tumbang sehingga kami turut mengimbau agar berhati-hati dan kalaupun nanti ada kejadian serupa saya minta untuk segera melaporkannya ke pihak terkait seperti BPBD Sumedang,” tambahnya.

Lanjut Rully, pembersihan material di lokasi longsor sudah selesai dengan melibatkan beberapa unsur seperti TNI, Polri dan anggota Pusdalops BPBD Kabupaten Sumedang.

“Pembersihan kemarin, harus menggunakan alat berat dari provinsi karena material longsor tidak memungkinkan untuk dibersihkan secara manual,” pungkasnya. (asg)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *