Longsor Susulan Mengancam Keselamatan Warga

Longsor Kembali Terjadi di Sumedang
Lokasi longsor di Kelurahan Pesanggrahan Baru Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, Sabtu 15 Januari 2022.
0 Komentar

SUMEDANG EKSPRES, KOTA – Musibah longsor kembali terjadi di Kabupaten Sumedang, Sabtu 15 Januari 2022, Pukul 16.30. Kali ini, terjadi di Dusun Sukasari Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang. Longsor susulan pun kini menghantui warga.

Bongkahan tanah longsor yang berasal dari tebing setinggi 200 hingga 300 meter, itu menimbun sekitar kurang lebih 2 hektare area pesawahan warga.

Longsoran dapat terlihat langsung dari jalan Ciherang-Samoja (Jalan Nasional Bandung-Cirebon).

Imbas longsoran yang besar tersebut hingga melibas aliran sungai Cipeles yang menjadi batas antara Desa Ciherang Dan Kelurahan Pesanggrahan Baru dan hampir mencapai area pemukiman Warga di Lingkungan Cimareme Kelurahan Pesanggrahan Baru.

Baca Juga:Pemilu 2024 Momentum Kebangkitan Golkar, Airlangga Berpeluang di PilpresPredator Seksual Dituntut Mati, Ineu: Herry Harus Merasakan Penderitaan Korban

Kepala Pelaksana BPBD Sumedang, Dadang Sundara menjelaskan, BPBD bersama Forkopimcam sedang melakukan pengamatan dan asesmen untuk antisipasi longsor susulan.

“Kalau dilihat dari foto udara tadi terlihat ada belahan di atas, jadi kemungkinan masih ada potensi longsor susulan,” jelas Dadang.

BPBD juga rencananya akan mengevaluasi warga yang pemukimannya terancam terkena dampak bila ada longsor susulan.

“Ada 22 KK, 69 jiwa dan 16 rumah yang kemungkinan akan terdampak bila ada longsor susulan, jadi kita evakuasi dulu, Mudah-mudahan malam ini tidak terjadi hujan jadi tidak terjadi apa apa,” pungkas Dadang (kga)

0 Komentar