Musim Penghujan, Desa Cihanjuang Jadi Kampung Siaga Bencana

Musim Penghujan, Desa Cihanjuang Jadi Kampung Siaga Bencana
Sebanyak 60 orang warga Cimanggung mendapatkan pelatihan sebagai antisipasi Siaga Bencana. (ENGKOS KOSWARA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Sekretaris Fraksi PKB DPRD Sumedang Herman Habibullah mengatakan Kampung Siaga Bencana (KSB) sangat diperlukan masyarakat.

Hal itu disampaikan Herman saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi dan Pembentukan Kampung Siaga Bencana di Gor Desa Cihanjuang Cimanggung, Rabu (16/2).

Dijelaskan, dibentuknya KSB adalah untuk meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga untuk menghadapi kerawanan kerentanan dan resiko bencana.

Baca Juga:IRT di Sumedang Keluhkan Harga Minyak GorengWakil Bupati Sumedang Peringati Pengembang Jangan Asal Bangun, Erwan Setiawan : Perhatikan Dampak Lingkungan ke Masyarakat!

“Penanggulangan bencana tidak bisa dilakukan oleh pemerintah saja melainkan harus melibatkan semua pihak,” terang Herman.

Dikatakan, dalam kegiatan ini pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian Sosial, Dinsos Sumedang, Pemdes Cihanjuang dan masyarakat yang peduli terhadap bencana.

Dengan diadakannya kegiatan Kampung Siaga Bencana (KSB), diharapkan dapat meningkatkan kapasitas masyarakat hingga lebih siap untuk menghadapi kerentanan dan resiko bencana. Sehingga, masyarakat yang tinggal di daerah bencana dapat melakukan penanggulangan dengan tepat, cepat dan tanggap dengan semangat gotong-royong.

Untuk itu, kata Herman, dibentuknya KSB dapat meningkatkan rasa kebersamaan, kesadaran saling membantu dengan saling asah dan asuh akhirnya terwujud masyarakat adem asri dan tenang.

Ditempat terpisah, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan mengatakan wilayah Cimanggung salah salah satu kecamatan yang rawan bencana, tentunya harus benar-benar dimitigasi soal kerawanan bencana.

“Pelatihan tanggap bencana juga dilakukan dalam beberapa hari ini  oleh Tagana. Jadi wilayah Cimanggung harus antisipasi tanggap darurat,” tuturnya. (kos)

0 Komentar