Kisah Dan Arti Mimpi Nabi Yusuf As

Sekilas Kisah Dan Arti Mimpi Nabi Yusuf As
Sekilas Kisah Dan Arti Mimpi Nabi Yusuf As/pinterest.net
0 Komentar

sumedangekspres – Sekilas Kisah Dan Arti Mimpi Nabi Yusuf As adalah tokoh dalam Al-Qur’an, Alkitab, dan Tanakh. Dia adalah putra dari Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim.

Dalam kitab agama samawi disebutkan bahwa Yusuf adalah sosok saleh yang terkenal akan ketampanannya.

Dia dibuang oleh kakak-kakaknya yang iri padanya, kemudian dipungut kafilah yang lewat dan dijadikan budak. Dia akhirnya dijual pada salah satu pejabat Mesir.

Baca Juga:Bulan Ramadan, Airlangga Pastikan Ketersediaan Pangan di PasaranTegas, Menko Airlangga Desak Mafia Migor Segera Ditangkap

Secara bertahap, Yusuf akhirnya menjadi salah satu tokoh penting di Mesir setelah berhasil menafsirkan mimpi raja. Al-Qur’an menyebutkan perjalanan hidup Yusuf sebagai “kisah terbaik.”

Dalam Al-Qur’an (kitab suci Islam), nama Yusuf disebutkan sebanyak 27 kali. Kisah Yusuf sendiri terpusat di Surah Yusuf, surah kedua belas dalam Al-Qur’an. Hal ini berbeda dengan para nabi lain yang biasanya kisahnya tersebar di beberapa surah.

Dalam Tanakh (kitab suci Yahudi) dan Alkitab (kitab suci Kristen), kisah Yusuf tercantum dalam Kitab Kejadian pasal 37, 39-50.

Secara alur kejadian, kisah Yusuf yang terdapat pada Surah Yusuf dan Kitab Kejadian memiliki garis besar yang sama, meskipun terdapat beberapa perbedaan dalam rincian tertentu.

Al-Qur’an menyebutkan bahwa Yusuf bermimpi melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan bersujud kepadanya. Saat Yusuf menceritakan mimpi itu pada Ya’qub, Ya’qub berpesan agar jangan menceritakan mimpi itu pada saudara-saudaranya karena ditakutkan mereka akan iri dan dengki padanya.

Ya’qub kemudian menjelaskan bahwa Allah memilih putranya tersebut menjadi seorang nabi dan memberikan ilmu mengenai takwil mimpi.

Sebelas bintang itu merupakan perlambang saudara-saudara Yusuf, sementara matahari dan bulan adalah perlambang kedua orangtuanya.

Baca Juga:Yanto S Utomo Terpilih Jadi Ketua SPS JabarDukung MotoGP 2022, Lounge BRI Svarga Hadir di Bukit 360

Dalam Alkitab dijelaskan bahwa Yusuf menceritakan mimpi itu pada ayah dan saudara-saudaranya.

Berikut Sekilas Kisah Dan Arti Mimpi Nabi Yusuf As.

 

0 Komentar