Wisata Sungai, Berpotensi Dikembangkan

Wisata Sungai, Berpotensi Dikembangkan
Kawasan Sungai Cipeles ditaburi benih ikan oleh Bupati Sumedang H Dony Ahmad Munir beserta jajarannya. Sungai inu sangat berpotensi menjadi kawasan wisata yang dapat dikembangkan. (ist)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang gencar menggali potensi wisata baru untuk dikembangkan. Salah satunya adalah potensi aliran sungai sebagai alternatif objek wisata lingkungan.

Pengembangan wisata berwawasan lingkungan atau eco-tourism tidak lepas dari keinginan untuk mengatasi permasalahan sungai. Karena, banyaknya warga yang masih bermukim di sekitar bantaran sungai dan menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan kotoran dan sampah

“Pemkab Sumedang berkomitmen agar sungai-sungai bisa bersih maka harus dimulai dari hulunya dengan tidak membuang sampah dan limbah kotoran secara sembarangan ke sungai,” kata Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir selepas kegiatan penebaran benih ikan dan peresmian masjid Al-Barokah, belum lama ini.

Baca Juga:442 Siswa Ikuti Ujian SekolahPasca Longsor, Kades Usulkan Jalan Baru Hariang – Wanajaya, Lewati Lahan Warga

Bupati Dony mengatakan, untuk mengantisipasi pencemaran sungai, pihaknya kini tengah menyiapkan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) Komunal di sekitar sungai sungai di Sumedang.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tempat pembuangan sampah dan beberapa roda di sekitar sungai supaya orang tidak buang limbah kotoran ke sungai.

“Kita siapkan IPAL komunal di sekitar sungai sehingga warga tidak buang kotoran dari rumah. Kemudian, kami siapkan tempat pembuangan dan roda di sekitar sungai supaya orang tidak buang sampah sungai dan kami rencanakan juga sungai sebagai tempat wisata,” tuturnya.

Dengan aliran sungai yang bersih dan terpelihara, lanjut Bupati, maka layak menjadi destinasi wisata berbasis lingkungan.

Pantauan Sumeks, beberapa kawasan aliran sungai di Kabupaten Sumedang mempunyai keindahan alam yang sangat asri. Seperti, Sungai Cipeles di Desa Citepok Kecamatan Paseh yang mempunyai tebing-tebing sungai yang sangat indah dan sudah dijadikan wisata arung jeram.

Kemudian, kawasan aliran Cimanuk di Desa Karedok Kecamatan Jatigede hingga Desa Karyamukti Kecamatan Tomo saat ini sudah menjadi wisata arung jeram. Selain menjadi kawasan arung jeram, kawasan aliran sungai lainnya juga bisa menjadi tempat wisata memancing. Seperti di Sungai Cipanas Conggeang, Sungai Cikandung dan Cipunagara. (red)

0 Komentar