Ridwan Kamil Diagendakan Hadiri Gebyar Desa Citali Sumedang

Ridwan Kamil Diagendakan Hadiri Gebyar Desa Citali Sumedang
Rapat rencana kegiatan gebyar Desa Citali Kecamatan Pamulihan yang menampilkan agenda tahunan yakni gemrong liwet.
0 Komentar

sumedang, PAMULIHAN – Desa Citali Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang menjadi tempat dilaksanakannya kegiatan gebyar desa. Kegiatan tersebut sekaligus agenda tahunan yang biasa diselenggarakan yakni Gembrong Liwet.

Kepala Desa Citali Nana Nuryana menjelaskan, budaya tradisi Gembrong Liwet dilaksanakan di desanya setiap menjelang puasa Ramadan. Atau, saat munggahan atau beberapa hari menjelang puasa.

“Gembrong Liwet ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilakukan warga kami. Namun saat ini konsep ngariung gemrong liwet ini menjadi kegiatan tingkat Kabupaten Sumedang,” terang Nana.

Baca Juga:Menko Airlangga: Reforestrasi Dorong Akselerasi Pertumbuhan Green EconomyGerakkan Potensi Desa, Berikut Lokus Gebyar Desa 2022 yang Dicanangkan Pemprov Jabar

Dia memaparkan, kegiatan Gemrong Liwet saat ini akan dihadiri Gubernur Jawa Barat ke desa terpilih salah satunya desa Citali, Kecamatan Pamulihan.

“Ini merupakan perhatian yang lebih kepada desa kami dengan harapannya bisa meningkatkan kemajuan desa kami di berbagai bidang,” harapnya.

Dijelaskan, beberapa hari kedepan tepatnya tanggal 31 Maret 2022 akan segera terlaksana kegiatan gebyar desa yang menyuguhkan Gembrong liwet.

Sekretaris DPMD Propinsi Jawa Barat Pupun Saepudin menyampaikan untuk kegiatan tersebut diharapkan ada menampilkan sponsor dari beberapa perusahaan. Selain itu, pesta rakyat ini bisa menampilkan UMKM tidak hanya tingkat desa, tetapi tingkat Kabupaten Sumedang.

Dikatakan, kegiatan di Desa Citali ini merupakan contoh yang kedua di dari 10 kabupaten di provinsi Jawa Barat.

“Ini hajat rakyat yang menampilkan keberhasilan desa. Besok, Rabu (30/3) mulai membangun tenda,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman mengatakan hajat tahunan Gembrong Liwet merupakan momentum yang sangat tepat pada acara gebyar desa ini.

Baca Juga:Program Bakti BUMN, BRI Beri Pelatihan UMKM & Kegiatan Sosial di SumbaLirik Lagu I Love You So – The Walters : I Just Need Someone in My Life to Give it Structure

“Kita persiapkan semaksimal mungkin untuk acara gebyar desa ini karena akan dihadiri gubernur,” paparnya. (kos)

0 Komentar