Keterbatasan Armada, Penyebab Penumpukan Sampah di Parakan Muncang

Keterbatasan Armada, Penyebab Penumpukan Sampah di Parakan Muncang
Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup DLHK Kabupaten Sumedang Iwan saat ditemui di tempat kerjanya, jalan Parigi Lama no 13 Kelurahan Situ Kecamatan Sumedang Utara, kemarin. (MOCHAMAD WILDAN YUNADI/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, KOTA – Keterbatasan armada pengangkut sampah menjadi penyebab penumpukan sampah di Pasar Parakan Muncang.

Hal ini dikatakan Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup Iwan kepada Sumeks di tempat kerjanya, Rabu (30/3).

“Armada truk pengangkut sampah yang kurang merupakan masalah yang menjadi penyebab keterlambatan pengangkutan sampah di Pasar Parakan Muncang hingga membuat sampah di tempat tersebut menumpuk,” ujar Iwan.

Dia menambahkan, armada kurang juga menjadi penyebab keterlambatan pengangkutan sampah.

Baca Juga:Jelang Mudik, Polres Sumedang Pastikan Arus Lalu Lintas Lancar Ridwan Kamil: Kerja Sama Bank BJB dan PWNU Jabar untuk Kemajuan Ekonomi Umat

“Pasalnya, armada tersebut juga melayani pengangkutan sampah di seluruh Kabupaten Sumedang,” tambahnya.

Dikatakan, armada yang tersedia masih kurang dikarenakan status armada yang tersedia ada yang layak pakai dan ada juga yang semi layak pakai untuk pengangkutan sampah di pelosok.

“Kurangnya karena truk pengangkutnya ada yang layak pakai dan ada yang semi layak pakai buat pengangkutan,” ucap Iwan.

Dia menuturkan, di Pasar Parakanmuncang hanya memiliki satu kontainer untuk menampung sampah dan berposisi di pinggir jalan. Sehingga, jika sampah penuh di bak kontainer dan sampah jatuh, pasti berserakan di pinggir jalan dan menganggu pengguna jalan.

“Di sana ada satu kontainer yang menampung sampah dan lokasinya juga berada di pinggir jalan. Sehingga, membuat pengendara terganggu jika sampah-sampah itu jatuh ke pinggiran jalan,” katanya.

Pada tahun 2021, armada pengangkut sampah ada penambahan satu unit. Hal itu dapat meningkatkan penanganan sampah di sekitar Pasar Parakan Muncang.

“Jadi tahun 2021 kemarin, alhamdulillah ada penambahan truk pengangkut Sampah. Jadi bisa menanggulangi sampah di daerah tersebut,” tandasnya.

Baca Juga:Transformasi TV Digital, Ridwan Kamil: Terbuka 240.000 Lapangan Kerja BaruJawa Barat Terima Penghargaan Digital Innovation Award 2022, Aplikasi Pikobar kembali raih penghargaan

Iwan berharap di lokasi Pasar Parakan Muncang dibangun Tempat penampungan Sementara Sampah (TPSS) yang mampu menampung semua sampah.

“Saya harap di lokasi tersebut di bangun TPSS lagi,” pungkasnya. (wly/job)

0 Komentar