Santap Sahur Sebelum Mandi Wajib Setelah Haid, Apakah Boleh Hukumnya?

Santap Sahur Sebelum Mandi Wajib Setelah Haid, Apakah Boleh Hukumnya?
Mendahulukan sahur sebelum mandi junub setelah haid menjadi pertanyaan banyak perempuan muslim (foto ilustrasi sahur : shutterstock)
0 Komentar

sumedangekspres – Sebelum melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan maka perlu dilakukan mandi wajib dengan tujuan untuk mensucikan diri dari hadas, agar ibadahnya sah dan mendapat pahala. Haid termasuk ke dalam salah satu hadas besar, inilah mengapa perempuan perlu membersihkan diri sebelum beribadah.

Lalu kaum perempuan sering bertanya tentanf bagaimana saat akan menjalankan ibadah puasa apakah bolehkah makan sahur sebelum mandi wajib usai haid?

Dilansir dari Popmama.com berikut informasinya :

Mandi wajib setelah haid adalah mandi dengan tujuan bersuci atau membersihkan diri  setelah selesai masa menstruasi. Mandi wajib atau junub setelah haid hukumnya wajib, karena haid termasuk ke dalam hadas besar.

Sesuai dengan Alquran surat Al Madinah ayat 6 yang artinya :

Baca Juga:Perempuan Minum Obat Penunda Haid Supaya Bisa Puasa Ramadhan, Bagaimaa Hukumnya?Pacaran Online Lewat WhatsApp saat Puasa Ramadhan, Ini Hukumnya Kata Ustadzah Oki Setiana Dewi

“Wahai orang-orang yang beriman. Apabila kamu hendak melaksanakan salat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki. Jika kamu junub, maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, maka jika kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci); usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.”

Maka dari itu, mandi wajib atau junub bukan sekedar mandi biasa. Ada niat dan tata cara mandi wajib yang harus kamu perhatikan dan benar-benar wajib dilaksanakan.

Bolehkah makan sahur jika belum mandi wajib setelah haid?

Sebenarnya tidak larangan bagi seseorang yang dalam kondisi junub menikmati santap sahur. Sebab, sahur bukan termasuk ke dalam kegiatan yang dilarang bagi orang junub. Sehingga, tidak ada keharusan untuk lebih mendahulukan antara mandi wajib atau makan sahur.

Namun demikian, jika mempertimbangkan dari segi kebaikan, tentu perempuan sangat dianjurkan untuk melaksanakan mandi wajib terlebih dahulu sebelum makan sahur. Karena  bagaimanapun junub adalah kondisi yang kurang baik, Apalagi jika kita ingin melaksanakan aktivitas untuk menyempurnakan ibadah di bulan suci Ramadhan seperti makan sahur.

0 Komentar