Waspadai 4 Hal Yang Merusak Pahala Puasa Kita

Waspadai 4 Hal Yang Merusak Pahala Puasa Kita
Ghibah menjadi salah satu hal yang membuat puasa kita menjadi sia-sia (foto : pixabay)
0 Komentar

 

Sebagaimana firman Allah SWT yang artinya:

“Dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang”. (QS. Al-Hujurat,49: 12)

  1. Berdusta

Rasulullah SAW mengungkapkan secara tegas bahwa perilaku berdusta  menjadi penyebab puasa sia-sia. Allah tidak membutuhkan puasa orang yang suka berdusta:

“Barangsiapa tidak meninggalkan perkataan palsu dan pengamalannya, maka Allah tidak mempunyai keperluan untuk meninggalkan makanan dan minumannya” (HR. al-Bukhari).

Baca Juga:Waktu Mustajab Untuk Berdoa di Bulan Ramadhan, Insya Allah DikabulkanVaksin Saat Berpuasa Bagaimana Hukumnya ? Simak Penjelasannya berikut

  1. Fitnah

Fitnah merupakan sesuatu yang sangat berbahaya dan perbuatan ini mampu merugikan banyak pihak, baik pembuat fitnah maupun yang difitnah.

Dalam Al-Baqarah ayat 217 Allah berfirman tentang bahayanya perbuatan fitnah:

“..berbuat fitnah lebih kejam daripada membunuh” (QS. Al Baqarah: 217).

Kemudian Allah berfirman:

اِذۡ تَلَـقَّوۡنَهٗ بِاَ لۡسِنَتِكُمۡ وَتَقُوۡلُوۡنَ بِاَ فۡوَاهِكُمۡ مَّا لَـيۡسَ لَـكُمۡ بِهٖ عِلۡمٌ وَّتَحۡسَبُوۡنَهٗ هَيِّنًا ‌ ۖ وَّهُوَ عِنۡدَ اللّٰهِ عَظِيۡمٌ

iz talaqqawnahuu bi alsinatikum wa taquuluuna bi afwaahikum maa laisa lakum bihii ‘ilmunw wa tahsabuu nahuu haiyinanw wa huwa ‘indl laahi ‘aziim

Artinya: “(Ingatlah) ketika kamu menerima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.” (QS. An-Nur: 15).

Dengan menjauhi hal-hal yang dapat merusak pahala puasa dan membuat puasa kita sia-sia, maka insya Allah pyasa kita bisa berjalan dengan baik dan diterima oleh Allah SWT. (cr1)

0 Komentar