Jangan Lewatkan Beberapa Keistimewaan Hari Jum’at di Bulan Ramadhan

Jangan Lewatkan Beberapa Keistimewaan Hari Jumat
Mengisi hari Jum'at di bulan ramadhan dengan beribadah (foto : pixabay)
0 Komentar

sumedangekspres – Begitu banyak keberkahan yang dihadirkan Allah SWT di bulan suci Ramadhan. Begitu banyak pintu ibadah untuk kita sebagai umat muslim serta ada beberapa keistimewaan yang hanya kita temui pada bulan ramadhan, salah satunya ada keistimewaan hari Jum’at ramadhan dimana memiliki banyak keberkahan.

Pada bulan biasa saja, hari Jum’at merupakan hari yang istimewa dalam Islam, apalagi di Bulan Ramadhan.

Bagi umat muslim, hari Jumat adalah hari yang perlu dijalani dengan bahagia dan lebih khusuk dalam beribadah kepada Allah SWT.

Baca Juga:Puncak Arus Mudik, Tol Cisumdawu Seksi 2 dan 3 Dibuka Jika Terjadi Kemacetan Jalur Cirebon-BandungJangan Berbohong Saat Puasa Ramadhan, Ini Hukumnya!

Berikut ini beberapa keistimewaan ibadah Ramadhan di hari Jumat dilansir daru jurnal soreang :

  1. Hari yang Paling Mulia

Sebagai hari yang paling mulia terutama di hulan ramadhan, sehingga umat Muslim yang berpuasa juga akan mendapat kemuliaan dan lebih bermakna. Rasulullah bersabda:

“Hari Jumat adalah penghulu hari-hari dan hari yang paling mulia di sisi Allah, hari Jumat ini lebih mulia dari Hari Idul Fitri dan Hari Idul Adha di sisi Allah.”

  1. Hari yang Akan Menjadi Hari Akhir (Kiamat)

Dikatakan bahwa hari Jumat merupakan hari yang akan dipilih menjadi hari akhir nanti oleh Allah SWT. Jika seandainya hari kiamat adalah ketika kita sedang melaksanakan ibadah (puasa Ramadan), tentu kita akan meninggal dalam khusnul Khotimah

Dari Abu Hurairah, sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: “Pada hari itu ia dikeluarkan dari jannah dan tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari jumat.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)

  1. Waktu Mustajab untuk Berdoa

Hal ini sangatlah istimeea bagi umat Muslim karena hanya di hari Jumat terdapat waktu mustajab untuk berdoa, yaitu saat salat Jumat, atau lebih tepatnya saat khatib Salat Jumat turun dari mimbar sampai salat Jumat selesai, dan setelah waktu Asar.

Dalam Hadis Riwayat Abu Hurairah dijelaskan bahwa pada hari Jumat terdapat waktu mustajab, di mana jika seorang muslim berdoa dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya. Apalagi doa orang yang sedang berpuasa, tentu lebih didengarkan oleh Allah SWT.

0 Komentar