Dalil Anjuran Sahur Serta Do’a Sesudah Sahur

Dalil Anjuran Sahur Serta Doa Sesudah Sahur
Ilutrasi keluarga sahur (Tirto.id)
0 Komentar

sumedangekspres – Sahur adalah kebiasaan umat  muslim ketika Ramadhan. Mereka yang menjalankan ibadah puasa, bangun di waktu sahur untuk  makanan. Karena dengan makanan saat sahur, tubuh bisa mendapatkan energi untuk melaksanakan ibadah puasa selama sehari penuh.

Makan di waktu sahur akan mendapatkan manfaatkan kebaikan dan keberkahan didalamnya.

Dengan membaca do’a sesudah sahur, kita bisa mendapat keberkahan dari Allah atas hidangan sahur yang dimakan.

Baca Juga:Jadi Best Market Maker, Bank Indonesia Apresiasi BRI Dengan 5 PenghargaanAirlangga: Silakan Halal Bihalal, Tapi Tetap Disiplin Prokes

Berikut ini beberapa bacaan do’a sesudah sahur dan dalil-dalil anjuran sahur. Dolanir dari merdeka.com.

Dari Abu Sa’id Al-Khudri ra, ia berkata bahwa Rasulullah saw bersabda.

“Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,”(HR Ahmad).

Anjuran sahur saat Ramadan juga dijelaskan dalam Hadist Riwayat Ibnu Hibban. Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air,” (HR Ibnu Hibban).

Dan berikut do’a ketika sudah sahur :

Yarhamullâhul mutasahhirîn.

Artinya, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Anjuran doa sesudah sahur ini disebutkan dalam sebuah Hadist Riwayat Ath Thabarani. Diriwayatkan oleh As-Saib bin Zaid ra, mengatakan bahwa Rasulullah saw bersabda.

“Sebaik-baik hidangan sahur adalah kurma.” Rasulullah saw lalu berdoa, “Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur,” (HR ath-Thabarani). (cr2)

0 Komentar