Tanda Tanda Amalan Ibadah Kita Diterima di Bulan Ramadhan

Tanda-Tanda Amalan Ibadah Kita Diterima di
Senantiasa menjaga ibadah setelah bulan ramadhan salah satu tanda amalan kita diterima (foto : merdeka.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Sebagai umat Islam yang taat, sudah sepatutnya kita menjalankan ibadah di bulan Ramadhan dengan penuh semangat guna mendapat pahala sebanyak-banyaknya dari Allah SWT. Baik dalam itu berpuasa, ibadah, hingga sedekah. Namun, dari banyak amalan yang sudah dilakukan, tidak semua amal ibadah yang dilakukan dapat diterima.

Lantas, bagaimana cara agar kita mengetahui apakah amalan yang kita lakukan diterima atau tidak?

Dilansir dari suara.com, berikut ini tanda – tanda amalan ibadah kita diterima oleh Allah di bulan Ramadhan,

Baca Juga:Ustadz Abdul Somad Jabarkan 5 Hikmah Puasa RamadhanUstadz Khalid Basamalah : Hati-Hati!! Azab Neraka Bagi Yang Tidak Puasa 

  1. Terbiasa Berpuasa Setelah Ramadhan

Ketika nantinya seorang Muslim dapat terbiasa melakukan puasa ketika ramadhan usai, seperti halnya puasa sunah. Hal itu telah diungkap oleh Ibnu Rajab Al-Hambali, yang mengatakan:

“Membiasakan puasa setelah puasa Ramadhan merupakan tanda diterimanya amal puasa di bulan Ramadhan. Sesungguhnya Allah jika menerima suatu amal hamba, maka Allah beri ia taufik untuk melakukan amal shalih setelahnya.”

  1. Semakin Rajin Beribadah

Setelah berlomba mengumpulkan pahala Allah di bilan ramadhan, hal tersebut tidak berkurang di bulan-bulan berikutnya bahkan semakin rajinnya beribadah. Syaikh Shalih Al-Fauzan hafidzahullah berkata:

“Di antara tanda diterimanya amal salih di bulan Ramadhan adalah keadaan seorang muslim setelahnya menjadi lebih baik daripada sebelum Ramadhan, karena kebaikan akan mengajak kepada kebaikan (selanjutnya) dan amal salih akan mengajak pada amal salih lainnya.”

  1. Terbiasa Berbicara Baik

Terbiasa berkata dan berbicara baik kepada seseorang adalah salah satu amalan puasa yang apabila terus berlanjut maka artinya amalan tersebut diterima. Hal itu telah diungkap dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir, maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (Muttafaq ‘alaih: Al-Bukhari, no. 6018; Muslim, no.47)

4.Selalu Beristighfar

Dari Imam Ibnul Qoyyim rahimahullah mengatakan:

Tanda diterimanya amal salih Anda: saat hati merasa bahwa amal salih masih hina dan kecil. Sampai orang-orang yang benar-benar mengenal Allah, selalu beristighfar setiap usai melakukan ibadah. Adalah Nabi shallallahu’alaihi wa sallam bila selesai salam dari salat, beliau beristighfar sebanyak tiga kali.

0 Komentar