Doa Setelah Tadarus Al-Qur’an

Doa Setelah Tadarus Al-Qur'an
Ilustrasi orang membaca al-qur'an (Rumah zakat.com)
0 Komentar

sumedangekspres – Sesuai sunah setelah membaca kitab suci Al-qur’an atau lebih dikenal dengan tadarus Al-qur’an kita dianjurkan membaca doa.

Setelah tadarus Al-Qur’an, biasanya kita akan membaca  “shadaqallahul ‘adzim” yang artinya “Maha benar Allah Yang Maha Agung”.

Tetapi, Nabi Muhammad SAW menganjurkan umas muslim untuk membaca doa yang beliau sebutkan dalam haditsnya yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’iz. Berikut ini hadist riwayatnya

Baca Juga:Doa Ketika Melihat HilalDoa Dan Tata Cara I’tikaf

“Betul, barang siapa yang mengucapkan kebaikan maka dengan kalimat tersebut amal tadi akan dipatri dengan kebaikan. Barang siapa yang mengucapkan kejelekan maka kalimat tersebut berfungsi untuk menghapus dosa. Itulah ucapan Subhanakallahumma wa bihamdika laa ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.” (HR. Imam Nasa’i).

Jika mengikuti pada hadits ini, maka apa yang disebutkan di awal paragraf ialah benar. Setelah lafaz shadaqallahul ‘adzim, umat Islam disunnahkan membaca doa sebagaimana anjuran Nabi Muhammad SAW.

Berikut doa setelah tadarus Al-Qur’an yang dianjurkan oleh Rasullullah SAW.

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوبُ إِلَيْكَ

Latin: Subhanakallahumma Wabihamdika Asyhadu Alla Ilaha Illa Anta Astaghfiruka Wa Atubu Ilaik.

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah sambil memuji-Mu. Tiada sesembahan yang berhak disembah melainkan Engkau. Aku memohon ampun dan bertaubat kepada diri-Mu.” Dilansir dari beritadiy.com

Selain membaca doa di atas setelah tadarus Al-Qur’an, masih ada doa lainnya yang dianjurkan untuk dibaca. Tetapi doa ini diutakan untuk dibaca setelah khatam atau tamat membaca Al-Qur’an.

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ وَاجْعَلْهُ لِي إِمَامًا وَنُورًا وَهُدًى وَرَحْمَةً، اللَّهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نُسِّيتُ وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آنَاءَ اللَّيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارِ وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِينَ

Latin: Allahummarhamni bilquran. Waj’alhu lii imaman wa nuran wa hudan wa rohmah. Allahumma dzakkirni minhu maa nasiitu wa ‘allimnii minhu maa jahiltu warzuqnii tilawatahu aana-allaili wa’atrofannahaar waj’alhu li hujatan ya rabbal ‘alamin.

Baca Juga:Perbanyak Membaca Al-Qur’an Dibulan Ramadhan Dan Berikut Ini Do’anyaKeutamaan Niat Puasa

Terjemahan: “Ya Allah, rahmatilah aku dengan Al-Qur’an. Jadikanlah ia sebagai pemimpin, cahaya, petunjuk, dan rahmat bagiku. Ya Allah, ingatkanlah aku atas apa yang terlupakan darinya. Ajarilah aku atas apa yang belum tahu darinya. Berikanlah aku kemampuan membacanya sepanjang malam dan ujung siang. Jadikanlah ia sebagai pembelaku, wahai tuhan semesta alam.” (cr2)

0 Komentar