Ramadan, Cimalaka Tingkatkan Kegiatan Keagamaan 

Ramadan, Cimalaka Tingkatkan Kegiatan Keagamaan 
Kepala Desa Cimalaka Dadang Suryana bersama Babinsa dan Babinkamtibmas melakukan monitoring pembagian BLT DD di kantor Desa Cimalaka beberapa waktu lalu (ACHMAD SOFA/SUMEKS)
0 Komentar

sumedang, CIMALAKA – Bulan Ramadan merupakan bulan suci untuk umat muslim guna menjalankan ibadah Puasa dan meningkatkan amal ibadah serta menunaikan Zakat. Begitupun di Pemerintahan Desa Cimalaka, datangnya bulan suci Ramadan dijadikan momentum untuk meningkatkan kegiatan keagamaan dan keamanan.

Hal ini di sampaikan Kepala Desa Cimalaka Dadang Suryana didampingi Sekretaris Desa Cimalaka Yudi Budiawan kepada Sumeks, Selasa (26/4).

“Untuk kegiatan di bulan Ramadan tahun ini kebetulan ada kegiatan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng dari Pemerintah pusat beberapa waktu yang lalu,” ujar Dadang.

Baca Juga:Kantor SAR Bandung Antisipasi Mudik Lebaran 2022Angka Pemudik di Terminal Ciakar Alami Kenaikan

Kemudian, kata dia, penyaluran BLT DD tahun anggaran 2022 yang disepakati hasil Musdesus.

Dikatakan, jumlah penerima manfaatnya 155 KK dengan nilai uang RP 300.000.- perbulan yang di alokasikan langsung untuk 3 bulan Januari sampai dengan Maret 2022 dengan total nilainya RP 900.000. Pencapaian 40,7 persen dari anggaran DD tahun 2022.

“Alhamdulillah dalam pelaksanaanya berjalan lancar dan kita juga sebagai Pemerintah Desa Cimalaka merasa bangga dan merasa lega sudah bisa melaksanakan apa yang sudah diintruksikan oleh Presiden ,” katanya.

Kemudian, lanjut Dadang, untuk kegiatan-kegiatan rutinitas tiap bulan Ramadan yang dilaksanakan di Desa Cimalaka, yaitu kegiatan Tarawih Keliling ke masjid-masjid. Dimana, Desa Cimalaka memiliki 6 masjid jami dan 9 mushola.

“Kita laksanakan Tarawih keliling sambil bersilaturahmi dengan DKM dan warga. Dimana, dengan silaturahmi ini kita bisa menyampaikan aspirasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang kegiatan program, Zakat fitrah serta tentang kegiatan-kegiatan yang lainnya,” katanya.

Dadang menuturkan menjelang hari Raya Idul Fitri biasanya rawan keamanan. Di Desa Cimalaka untuk antisipasinya sudah koordinasi kepada Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Kemudian, menurunkan Linmas ke lapangan untuk ngontrol bersama ronda, khususnya ke daerah-daerah yang dianggap rawan di wilayah Desa Cimalaka yang mencangkup 7 wilayah ke RW an,” katanya

Baca Juga:108 KPM di Rancamulya Terima BLT DDKafe BRH, Jadi Tempat Nongkrong Sekaligus Diskusi Agama

Dadang berharap di bulan Ramadan yang penuh berkah ini, semua  mendapatkan ridhonya Allah, baik bagi Pemerintah Desa maupun masyarakatnya dalam  melaksanakan semua  kegiatan-kegiatan ibadah Ramadan. (ahm)

0 Komentar