Petugas Penyaluran BLT DD Bisa Datangi KPM Kerumah

 Petugas Penyaluran BLT DD Bisa Datangi KPM Kerumah
Warga Desa Cikahuripan Kecamatan Cimanggung saat mengambil bantuan (BLT) melalui Dana Desa (DD). (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD) mulai disalurkan kepada masyarakat.

Setiap desa di wilayah Kecamatan Cimanggung, mulai membagikan BLT DD. Salah satunya di Desa Cikahuripan.

Terlihat puluhan warga berbondong-bondong mendatangi Kantor desa untuk mengambil BLT DD.

Baca Juga:Ribuan Kader PAN Ikuti Reses Akbar, PAN Kabupaten Bandung Siap Gelar PemiluMenko Airlangga Tinjau KEK Terkait MRO Pesawat Udara di Batam, Berharap Mendorong Akselerasi Investasi

Pendamping Desa wilayah Kecamatan Cimanggung, Asep Dadang mengatakan, penyaluran dilakukan secara bertahap.

“Gak serentak tapi berdekatan waktunya. Jadi dibagikan secara bertahap bagi KPM (Keluarga Penerima Manfaat) di tiap desa,” kata Asep di lokasi, Rabu (27/4).

Dia menjelaskan, penyaluran BLT DD tidak dilakukan dalam waktu yang sama dan tak dibagikan secara terpusat.

Dijelaskannya, untuk penyalurannya BLT DD dapat diterima oleh KPM di desa masing-masing.

“Tapi kalau ada KPM yang sakit dan tidak bisa keluar rumah, kita akan bagikan BLT DD ke rumahnya, bukan digantikan oleh warga lain,” ujarnya.

Asep menerangkan, hal itu bertujuan supaya penyaluran benar-benar bisa tepat sasaran sesuai survei dan pendataan oleh masing-masing Ketua RT dan RW.

“Kalau secara keseluruhan data berapa banyak KPM yang menerima BLT DD di Cimanggung rata-rata setiap desa ada lebih dari 150 KPM,” imbuh Asep.

Baca Juga:BPJS KETENAGAKERJAAN SUMEDANG GANDENG KEJAKSAAN NEGERIGaspol! BRI Fasilitasi 2.190 Seat Mudik Gratis Bagi Masyarakat

“Jadi gak cuman yang sakit, tapi jompo dan sulit akses kendaraan buat datang ke desa, nanti diantarkan setelah penyaluran KPM yang datang beres oleh perangkat desa,” tambahnya.

Asep memaparkan, penyaluran BLT DD selain dilakukan pendataan yang betul-betul layak menerima bantuan, juga dipastikan KPM tidak termasuk ke dalam program bantuan lainnya.

“Jadi yang sudah masuk dalam program BPNT (Bantuan Pangan Non-Tunai) misalnya, itu gak akan didata. Jadi yang mendapatkan BLT DD itu benar-benar KPM yang belum ikur program bantuan lain,” ucapnya.

“Setelah didata oleh RT dan RW, kita musyawarahkan bersama semua pihak termasuk kecamatan supaya yang dapat BLT DD betul-betul layak jadi tepat sasaran,” tutupnya. (kos)

0 Komentar