Masalah Sampah Pasar Parakanmuncang Harus Diselesaikan Secara Keroyokan

Masalah Sampah Harus Diselesaikan Secara Keroyokan
Tumpukan sampah masih menggunung di depan pasar Parakanmancang. Tumpukan sampah itu sendiri cukup mengganggu para pengguna jalan yang melintas (ist)
0 Komentar

sumedang, CIMANGGUNG – Persoalan sampah pasar Parakanmuncang merupakan tanggung jawab semua pihak. Semua harus bersatu bagaimana masalah ini cepat terselesaikan, mencari jalan agar semua pihak tidak dirugikan akibat tumpukan sampah ini.

Hal itu disampaikan Camat Cimanggung Dik Dik Syeh Rizki saat mengadakan rapat minggon bersama UPT dan UPTD terkait serta para kepala desa se-Kecamatan Cimanggung.

“Ini kepentingan bukan hanya untuk pribadi, tetapi untuk semuanya, 11 Desa. Bagaimana caranya agar tumpukan sampah ini tidak berada di depan pasar Parakanmuncang,” kata Dik Dik, Selasa (17/5).

Baca Juga:Hadapi Ujian Semester, Orang Tua Ikut SibukKades Mekarjaya Imbau BLT DD Jadi Modal Usaha

Ia mengatakan, jika semua belah pihak kompak, bisa bersatu, satu frekuensi, dirinya yakin semua permasalahan ini akan terselesaikan. Karena, untuk masalah sampah ini tidak ada anggarannya sama sekali, bidangnya pun tidak ada jika di kecamatan.

“Penanggulangan sampah ini bukan hanya menjadi tanggung jawab dari pemerintah kecamatan, tetapi menjadi tanggung jawab semua belah pihak,” tegasnya.

Dik Dik meminta semua pihak harus bersatu bagaimana masalah sampah ini cepat terselesaikan. Jalan satu-satunya adalah memindahkan sampah tersebut yang menumpuk di depan pasar, namun  jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat asalnya.

“Kami lagi memikirkan agar ada  lahan pengganti untuk menggantikan tempat sampah agar tidak berada di pinggir jalan di depan pasar,” ucapnya.

Dalam pemaparannya, sudah berapa tahun, sudah berapa Camat, permasalahan sampah ini belum pernah terselesaikan. Untuk itu,  masalah sampah ini harus segera diselesaikan.

Sementara itu, Kapolsek Cimanggung Kompol Herdis yang diwakili AKP Bambang Sucahyana mengatakan dampak dari sampah tersebut itu bisa menimbulkan banyak permasalahan yang terjadi. Seperti kemacetan, penyakit dan menyebabkan pemandangan yang tidak enak untuk dilihat.

“Peruntukanya Tempat Sampah Sementara (TPS) tujuannya hanya untuk limbah (sampah) pasar Parakanmuncang, tetapi malah menjadi tempat sampah dimanfaatkan masyarakat umum,” ucap Bambang.

Baca Juga:Mulyasari Terapkan DD 2022 Mengacu pada PerpresPuluhan Orang Geruduk Kantor BPN Sumedang

Pihaknya meminta semua desa agar mengimbau ke masyarakatnya tidak membuang sampah ketempat tersebut.

Sementara itu, dalam rapat tersebut hadir salah satu tokoh masyarakat Kecamatan Cimanggung H Asep Daman. Dia menyarankan agar Forkompimcam segera mengambil langkah dengan memindahkan tempat sampah itu kebelakang pasar.

0 Komentar